|

10 Parpol di Landak Penerima Dana Ikuti Bimtek

Peserta Bimtek Laporan keuangan parpol
Ngabang (Suara Landak) - Sebanyak 10 partai politik (parpol)  yang memperoleh kursi di DPRD Landak pada Pemilu 2014 mendapat bantuan keuangan dari pemerintah Kabupaten Landak.  Agar tertib administrasi,  mareka mendapat bimbingan teknis (bimtek) tentang cara pelaporan keuangan.

Bimtek digelar Badan Kesbangpol Landak di aula kecil kantor bupati Landak,  Kamis (15/6). Hadir Perwakilan BPK RI Kalbar Agvita Windiadi, dan 10 partai politik,  meliputi, ketua, sektraris dan bendahara.

Kepala Kesbang dan Politik Kabupaten Landak  Benipiator dalam laporannya mengatakan saat ini belum ada standar akuntansi keuangan  khususnya yang dapat dijadikan dasar penyusunan laporan keuangan  bagi  partai politik.

"Pemakai laporan keuangan dan adanya transaksi-transaksi khusus partai politik  dengan entitas lain, standar akutansi keuangan khusus yang mengatur  pelaporan  keuangan partai politik, " katanya.

Selain itu belum ada bimbingan teknis maupun diklat dalam  penyusunan laporan keuangan serta kurangnya pengawasan oleh lembaga sehingga dalam penyusunan laporan keuangannya masih terjadi penyalahgunaan dan pelanggaran keuangan oleh partai politik.

Mantan Camat Kuala Behe ini juga mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini,  adalah dilaksanakannya bimbingan teknis bantuan keuangan pada Parpol di Kabupaten Landak untuk membangun transparansi pengelolaan keuangan negara agar tertib admistrasi,  efisien,  dan bertanggungjawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.

"Sedangkan tujuan peyelenggaraan teknis bantuan keuangan pada Parpol di  Landak adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pengelolaan bantuan keuangan Parpol,  meningkatkan kualitas lapor pertanggungjawaban keuangan Parpol yang mendapat kursi di DPRD Landak tahun 2017,"ungkapnya.

Adapun 10 Parpol yang mengikuti Bimtek, PDIP,  Gerindra,  Nasdem, Golkar, Partai Demokrat,  PAN,  PKPI,  Hanura,  PKB,  dan PPP.

Penulis: Iwan
Editor: Kundori
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini