-->
    |

PDAM Sulit Perluas Jaringan Distribusi

SEKADAU (Suara Sekadau) - PDAM Sirin Meragun, Kabupaten Sekadau saat ini memiliki pelanggan sekitar 5700-an sambungan rumah, termasuk di Sungai Ayak yang berjumlah lebih kurang 200 pelanggan.

Direktur PDAM Sirin Meragun, Yok Kelak ST mengatakan, pelanggan PDAM meningkat setiap tahunnya. Bahkan, jumlahnya cukup pesat.

"Target kita bertambah seribu pelanggan tiap tahun, yang sudah-sudah tercapai sekitar 80 persen. Tahun ini saja, sejak Januari sampai sekarang sudah nambah 400 lebih pelanggan," ujar Yok, (4/9).

Meningkatnya jumlah sambungan tak lantas membuat PDAM buru-buru melakukan pengembangan jaringan distribusi. Untuk saat ini, PDAM menyuplai air bersih mulai Kecamatan Nanga Taman, Sekadau Hulu, dan Sekadau Hilir kota sampai wilayah kantor Samsat dan kantor Bupati Sekadau.

Khusus Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir, menggunakan mesin terpisah yang menggunakan air sungai kapuas sebagai sumber utama.

"Untuk daerah yang agak masuk ke dalam, misalnya Dusun Perongkan Kecamatan Sekadau Hulu, nanti akan kita pasang. Kita sedang prioritas meremajakan jaringan lama bekas PDAM Sanggau seperti di Rawak, Lamau, dan lain-lain," paparnya.

Untuk saat ini, PDAM belum akan memperluas pipa distribusi. Sebenarnya PDAM sudah pernah mengajukan penambahan jaringan, namun belum ada titik terang dari provinsi.

"Dua tahun lalu kami usulkan untuk wilayah jalan Sanggau sampai Peniti, tapi belum ada restu dari provinsi. Kalau untuk arah jalan Sintang sampai Tapang Semadak agak sulit. Karena arah sana dataran tinggi, idealnya perlu mesin booster, perlu biaya besar," jelas Yok.

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini