-->
    |

Genjot PBB P2, Dispenda Sambangi Nanga Taman

SEKADAU (Suara Sekadau) - Badan Pengelola Retribusi dan Pajak Daerah (BPRPD) Kabupaten Sekadau terus mengintensifkan penarikan pajak bumi dan bangunan perkotaan perdesaan (PBB P2). Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan melakukan evaluasi ke daerah-daerah. Seperti yang dilaksanakan di Kecamatan Nanga Taman, Senin (23/10).

Dengan dihadiri Camat beserta seluruh Kepala Desa, tim BPRPD menggelar monitoring dan evaluasi realisasi PBB P2 se-Kecamatan Nanga Taman. Dalam pertemuan itu, dipaparkan realisasi PBB P2 tiap-tiap desa sejauh ini.

Dari pertemuan itu juga disepakati beberapa hal, diantaranya para Kades segera melaporkan dalam bentuk surat SPPT PBB P2 yang bermasalah. Misalnya wajib pajak yang tidak dikenal, wajib pajak baru, dan sebagainya paling lambat tanggal 6 november.

Selain itu, juga disepakati agar para Kades mengintensifkan penarikan PBB serta segera menyetor PBB yang sudah ditarik.

"Kita memang melakukan upaya jemput bola untuk memaksimalkan penarikan pajak, kita lakukan secara kontinyu dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan terlebih dahulu," ujar Kabid Pengelola PBB dan BPHTB, Suparmo usai kegiatan.

Khusus Kecamatan Nanga Taman, Suparmo mengatakan progres PBB P2 sampai hari ini cukup menjanjikan. Meskipun ada beberapa desa yang perlu lebih intensif menagih PBB.

"Nanga Taman kita perkirakan sekitar 60 persen. Mudah-mudahan semuanya mencapai target," imbuh Suparmo.

Camat Nanga Taman, Paulus Ugang menekankan para kades di wilayahnya agar segera merapatkan barisan dengan perangkat desa untuk menyikapi penagihan PBB di wilayah masing-masing.

"Walaupun sedikit, kita harus bisa memberikan sumbangsih untuk daerah. Desa-desa yang progresnya masih dibawah 50 persen harus segera kita kejar," pesan Ugang.

Penulis : Benidiktus G Putra






Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini