-->
    |

Kunjungi Sekadau, Danrem Ajak Elemen Masyarakat Dialog

SEKADAU (Suara Sekadau) - Komandan Resort Militer 121 Alambhana Wanawai, Brigjen TNI Bambang Ismawan berkunjung dan beramah tamah ke Kabupaten Sekadau, Kamis (12/10). Danrem yang didampingi jajaran petinggi Korem 121 ABW serta Dandim 1204 Sanggau tiba di kantor Bupati Sekadau sekitar pukul 14.00 WIB dan disambut oleh Wakil Bupati Sekadau, Aloysius.

Acara tersebut selain dihadiri unsur Forkopimda, juga didatangi seluruh elemen masyarakat.

Asisten I Setda Kabupaten Sekadau, Fendy yang mewakili Sekda dalam sambutannya memaparkan secara singkat kondisi Kabupaten Sekadau sejak pemekaran hingga sekarang.

"Selama ini masyarakat Kabupaten Sekadau yang terdiri dari beragam etnis hidup berdampingan dengan damai, tidak ada kejadian luar biasa yang kami hadapi. Paling-paling banjir musiman yang sekarang sedang terjadi di beberapa wilayah," ujar Fendy.

Salah satu tokoh masyarakat Sekadau, Kanisius merasa bangga dengan komitmen TNI dalam menjaga keamanan dan ketahanan negara dengan mendekatkan diri dengan rakyat.

"Apalagi sekarang ini program TNI langsung menyentuh masyarakat, contohnya di bidang pertanian. Bahkan tema HUT TNI yang ke 72 ini juga semakin mempertegas betapa TNI sangat dekat dengan rakyat," ujar Kanisius.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mengatakan, Kabupaten Sekadau dalam beberapa tahun terakhir mengalami sedikit polemik batas wilayah dengan Kabupaten Sintang di daerah Desa Sunsong, Kecamatan Sekadau Hulu dengan Desa Sinar Pekayau Kabupaten Sintang. Hingga kini batas wilayah tersebut belum ada titik terang.

"Ini sudah kita sampaikan ke provinsj, supaya masyarakat disana tidak bingung. Kita juga mohon pihak TNI berkenan membantu persoalan ini," tutur Aloysius.

Pemkab Sekadau, lanjut Aloy, banyak terbantu atas program-program TNI misalnya cetak sawah dan TMMD.

"Pemkab Sekadau juga ada hibah untuk gedung Koramil Nanga Mahap. Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut," ucap Aloysius.

Danrem 121 ABW, Brigjen TNI Bambang Ismawan dalam sambutannya mengaku tersanjung dengan sambutan masyarakat Kabupaten Sekadau.

Secara mengejutkan, Danrem meminta masyarakat yang hadir memberikan kritik dan saran terhadap unsur TNI. Ia berharap unsur masyarakat tidak sungkan, apalagi takut menyampaikan kekurangan atau perilaku anggota TNI dalam kehidupan sehari-hari.

Sempat ada masukan dan kritik yang disampaikan oleh unsur masyarakat yang hadir seputar kegiatan TNI di lapangan. Masukan tersebut langsung ditanggapi oleh Danrem.

"Saya berterima kasih atas testimoni dari pak Kanisius tadi terhadap TNI, mudah mudahan tulus pak tidak supaya saya senang," ujar perwira tinggi TNI yang dalam karirnya bolak-balik Kopassus-Paspampres itu.

Berkaitan tahun politik, Danrem menyatakan perhelatan pemilu merupakan proses demokrasi. Namun, jangan sampai proses tersebut malah menimbulkan perpecahan.

"Proses demokrasi harus kita jaga supaya tidak merusak sendi-sendi kehidupan," pesan Danrem.

Di akhir sambutannya, Danrem mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sedapat mungkin berpartisipasi membangun negeri.

"Sekecil apapun, mari kita ikut membangun masyarakat," pungkas Brigjen Bambang Ismawan.

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini