-->
    |

Akses ke Penepah Rusak, Pengguna Jalan Sudah Biasa Mandi Lumpur

Salah satu titik jalan masuk menuju Penepah yang rusak parah (ist)

 SEKADAU (Suara Sekadau) - Akses jalan utama menuju Dusun Penepah, Desa Perongkan, Kecamatan Sekadau Hulu dikeluhkan warga. Di musim hujan seperti sekarang ini, terdapat kubangan lumpur di sepanjang jalan. Tentu saja ini menyulitkan mobilisasi warga setempat maupun bahan kebutuhan pokok.

Irmanto, salah seorang pekerja yang tiap hari melewati jalan tersebut untuk menuju lokasi tempatnya bekerja merasa letih karena harus bermandi lumpur saat melintas di titik-titik jalan yang rusak berat.

"Lewat tengah ada lumpur, lewat samping lumpur juga, dimana-mana lumpur semua, bagaimana mau menghindar. Mau tidak mau ya hantam saja," kata Irmanto, (21/11).

Menurut dia, tak jarang pengguna sepeda motor harus memikul kendaraannya yang amblas di kubangan lumpur.

Ada pula warga yang dengan kesadaran sendiri melakukan perbaikan jalan seadanya dengan menggunakan cangkul.

"Kalau amblas sudah biasa, nunggu ada yang lewat baru minta tolong bantu mengangkat sepeda motor yang nyangkut di kubangan. Mau sampai kapan seperti ini. Kalau bisa tolong dibangun lah akses jalan ini supaya lebih layak," tutur Irmanto.

Jalan itu sendiri menjadi akses utama bagi ratusan hingga ribuan warga yang tinggal di beberapa perkampungan di sepanjang jalur tersebut.

Penulis : Benidiktus G Putra



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini