-->
    |

Tahun 2018, Penerima Dana PKH Sekadau Capai 8000 KK Lebih

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Suhardi S.Sos, MM (kanan) bersama Kabid Linjamsos, Syahdiman.

 SEKADAU (Suara Sekadau) - Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program pemerintah yang dirasa sangat bermanfaat untuk masyarakat kecil.

Di Kabupaten Sekadau, pada tahun 2017 ini ada 3.100 kepala keluarga yang merasakan manfaat langsung program tersebut. Masing-masing KK mendapat kucuran dana sebesar 1.500.000 rupiah.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sekadau, Suhardi S.Sos.MM mengatakan, untuk tahun 2018 mendatang jumlah kepala keluarga penerima PKH di Kabupaten Sekadau akan bertambah. Bahkan, dikabarkan jumlah dana PKH juga akan bertambah dari tahun ini.

"Untuk tahun 2018 sudah kami usulkan dan sudah disetujui, tinggal validasi ke lapangan. Kami usulkan penambahan sebanyak 5.138 KK. Jika ditambah yang tahun ini, maka totalnya sekitar 8.238 KK. Setelah validasi, jumlahnya mungkin akan berubah, tapi kecil kemungkinan berkurang," terang Suhardi di kantornya, Senin (6/11).

Usulan penambahan penerima PKH mengacu pada data Basis Pemutakhiran Data Terpadu (BPDT). Adapun kriteria keluarga miskin diantaranya penghasilan dibawah 1 juta rupiah per bulan, atau penghasilan tidak menentu, dan masih banyak lagi.

"Misalnya hari ini dapat 50 ribu, besoknya belum tentu dapat. Yang kerja serabutan, tukang ojek juga bisa masuk kategori," tutur Suhardi.

Suhardi bersyukur karena banyak program pusat yang masuk ke Sekadau dan manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Bayangkan saja kalau tahun depan ada sekitar 8 ribu lebih KK yang menerima dana PKH, kalikan jumlahnya. Harapan kami masyarakat dapat memanfaatkan betul-betul program ini. Utamakan untuk keperluan sekolah anak terlebih dahulu, sisanya baru untuk keperluan lain," pesan Suhardi.

Sementara, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Syahdiman memaparkan, usulan penerima PKH untuk tahun 2018 masing-masing 1.281 KK kecamatan Sekadau Hilir, 534 Sekadau Hulu, 856 Nanga Taman, 1.188 Nanga Mahap, Belitang 233, Belitang Hilir 214, dan Belitang Hulu 832.

Jumlah tersebut tidak termasuk penerima tahun ini. Dan penerima dana PKH tahun ini tetap akan mendapat jatah tahun depan.

Penulis : Benidiktus G Putra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini