-->
    |

Terjebak Banjir, Pelajar di Merbang Batal ke Sekolah

Sejumlah pelajar terjebak banjir di wilayah Desa Merbang-Timpuk. Beberapa dari mereka terpaksa batal pergi ke sekolah (ist)

SEKADAU (Suara Sekadau) - Sejumlah titik jalan di wilayah Desa Merbang, Kecamatan Belitang Hilir menuju arah SP3 Timpuk digenangi banjir, Senin (27/11) pagi. Banjir sempat membuat arus lalu lintas di kawasan tersebut terhambat. Bahkan, sejumlah pelajar SMP 1 Merbang dan SMA Timpuk harus batal pergi ke sekolah akibat tak bisa melintasi jalan yang tergenang air.

"Tadi pagi pas lewat saya ketemu anak-anak pelajar SMP 1 Merbang dan SMA SP3 Timpuk yang balik kanan tidak jadi sekolah karena banjir," kata Albertus Wawan, warga Dusun Empetai, Desa Merbang, Senin (27/11) pagi.

Wawan merasa prihatin melihat kondisi tersebut. Adapun banjir tersebut diduga karena luapan sungai Empulas yang mengalir tak jauh dari jalan poros.

"Kasihan anak-anak itu harus terkendala menuntut ilmu di sekolah," katanya bersimpati.

Jalur poros Merbang-Timpuk sejauh ini masih beralas tanah kuning. Jika hujan turun, dapat dipastikan lumpur akan melumuri badan jalan. Sementara, jalur Merbang-Resak Balai pada tahun 2017 ini sudah dibangun, meskipun belum sepenuhnya dan masih butuh dana agar pembangunan tersebut dituntaskan.

Di wilayah itu sendiri sebetulnya ada perusahaan perkebunan kelapa sawit yang menanamkan modalnya.

Anggota DPRD Sekadau dari dapil 3, Yodi Setiawan meminta instansi terkait turun langsung ke lokasi untuk meninjau, mengevaluasi, dan mencari solusi atas banjir tersebut.

"Karena jalur itu dilewati banyak orang setiap harinya, termasuk pelajar dan angkutan milik perusahaan sawit," ujar Yodi.

Politisi Gerindra ini juga menuntut kepekaan dari perusahaan-perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berinvestasi di wilayah tersebut agar peduli dengan kepentingan masyarakat di sekitarnya.

"Jangan hanya diam, kan ada program CSR, harus peduli dengan hal-hal seperti ini yang menyangkut kepentingan orang banyak," desak anggota DPRD Sekadau termuda ini.

Penulis : Benidiktus G Putra



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini