-->
    |

PT SML Diminta Serius Kelola Kebun Plasma

Handi, wakil ketua DPRD Sekadau dari partai Gerindra

SEKADAU (Suara Sekadau) - Wakil Ketua DPRD Sekadau, Handi, mempertanyakan keseriusan PT Sumatera Makmur Lestari (SML) dalam mengelola lahan plasma perkebunan kelapa sawit anak perusahaan Gunas Group tersebut. Sebab, kata Handi, kualitas lahan plasma dan lahan inti milik PT SML jauh berbeda.

"Ada masyarakat yang mengadukan ke kita, seolah-olah lahan plasma dianaktirikan dan tidak diurus. Beda jauh dengan lahan inti," kata Handi di kantornya, Senin (22/1/18).

Jika benar demikian, kata Handi, ia meminta manajemen perusahaan untuk memperlakukan kebun plasma secara layak. Misalnya pemberian pupuk secara teratur, kondisi jalan diperhatikan, dan sebagainya.

"Kita berharap perusahaan serius mengelola kebun plasma, harus diperlakukan secara adil," pinta politisi Gerindra itu.

Ia juga mempertanyakan soal lokasi lahan plasma yang dikumpulkan di satu komplek yang sama. Padahal, petani PT SML berasal dari banyak wilayah yang jaraknya cukup jauh satu sama lain.

"Mengapa lahan plasma tidak di lahan yang diserahkan oleh petani," tutur Handi.

Tak hanya itu, Handi juga mengatakan ada aduan lain dari petani SML tentang oknum di perusahaan yang membeli lahan plasma milik petani secara lepas.

"Kalau begitu artinya hak milik petani juga otomatis lepas. Apakah diperbolehkan seperti itu," pungkasnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau, Sandae, saat hendak dikonfirmasi sedang tidak berada di kantor. Nomor teleponnya pun dalam keadaan tidak aktif. *

Penulis : Benidiktus G Putra







Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini