-->
    |

Jembatan Selalong Rawan Ambruk, Politisi Gerindra Sebut "Peran" Angkutan Sawit Perusahaan

Jembatan Sungai Engkuning, Desa Selalong rusak berat (sumber : istimewa)

SEKADAU (Suara Sekadau) - Jembatan Sungai Engkuning, Desa Selalong, Kecamatatan Sekadau Hilir, kondisinya mengkhawatirkan. Jembatan yang terletak di ruas jalan utama dari kota Sekadau menuju kecamatan Sekadau Hulu, Nanga Taman, dan Nanga Mahap itu mengalami kerusakan terbilang berat.

Badan jembatan sudah mengalami penurunan dari posisi asalnya, bahkan bentuknya melengkung menyerupai wajan.

Kondisi tersebut sudah berlangsung cukup lama. Namun, sampai saat ini belum dilakukan perbaikan dari pihak mana pun.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Handi mengatakan, pengguna jalan harus berhati-hati saat melintas di jembatan tersebut, khususnya kendaraan roda empat dan lebih.

“Itu tentu sangat sangat membahayakan bagi pengguna jalan,” kata Handi yang berasal dari Nanga Taman, (11/2).

Menurut Handi, kerusakan jalan dan jembatan, khususnya jalur Sekadau-Rawak tak lepas dari "peran" angkutan kelapa sawit yang muatannya mencapai belasan ton.

“Angkutan TBS yang mengunakan truk bermuatan besar (fuso) menjadi pemicu utama rusaknya jalan itu, karena melebihi kapasitas,” tutur politisi Gerindra itu.

Handi meminta pihak terkait seperti Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar, agar mengambil tindakan. Misalnya, dengan menegur angkutan kelapa sawit yang mayoritas milik perusahaan perkebunan.

“Kerusakan terparah yang terpantau memang dari simpang PT. Multi Jaya Perkasa (MJP) sampai ke kota Sekadau. Karena status jalan itu jalan provinsi, jadi kita harap instansi terkait ambil tindakan," pintanya.

Ketua DPC partai Gerindra Kabupaten Sekadau itu menambahkan, pihak perusahaan juga tidak boleh semena-mena.

"Kita tahu mereka bayar pajak, tapi bukan berarti masa bodoh dengan keadaan di sekitar area investasinya. Saya khawatir kalau jembatan itu putus, akan melumpuhkan perekonomian warga di tiga kecamatan," pungkas Handi.

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini