-->
    |

PT Agro Andalan Konversi Lahan Plasma

SEKADAU (Suara Sekadau) - PT Agro Andalan melakukan konversi lahan kepada para petani plasma. Konversi secara simbolis dilakukan di aula lantai 2 kantor bupati Sekadau, Kamis (1/3) siang.

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Sekadau dan dihadiri ketua DPRD Sekadau serta sejumlah petani kelapa sawit PT Agro Andalan.

Manajer kemitraan PT Agro Andalan, Emanuel Tibian mengatakan, ini merupakan kali kedua dilakukan konversi lahan plasma di areal kebun PT Agro. Hingga saat ini setidaknya sudah 794 hektar lahan yang sudah dikonversi dari total 921 hektar.

"Yang pertama bulan desember 2015 sebanyak 450 hektar. Ini yang kedua 344 hektar. Sisanya akan kita konversikan pada periode berikutnya," kata Emanuel usai acara konversi.

Menurut Emanuel, tanaman kelapa sawit yang dikonversi minimal berusia 4 tahun. Sedangkan sisa lahan yang belum dikonversi, kata dia, karena usia tanaman belum layak.

"Kalau sudah layak pasti kita konversi," tutur Emanuel.

Saat ini, PT Agro Andalan sedang melakukan pembangunan pabrik kelapa sawit.

"Nanti TBS petani kita tampung semua," ujarnya.

Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutannya mengatakan, petani kelapa sawit PT Agro Andalan patut bersyukur karena pihak perusahaan.telah berkomitmen melakukan konversi.

"Sudah jadi milik petani, tapi tetap bermitra dengan perusahaan, dengan koperasi. Nanti pupuk, dan sebagainya perusahaan yang urus. Tiap bulan petani tinggal terima hasil bersih," kata Rupinus.

Ia juga meminta petani untuk tidak menjual TBS kepada perusahaan atau pabrik lain. Pihak perusahaan pun diharapkan untuk tetap berkomitmen menyejahterakan petani.

"Jangan seperti di tempat lain. Kebunnya disini, jualnya ke pabrik lain. Jangan sampai ada masalah," pesan Rupinus. *

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini