-->
    |

Belum Ada Penertiban Produk Ikan Makarel Bercacing, Warga Mulai Resah

Beberapa merek ikan makarel yang ditemukan mengandung parasit (cacing) oleh BPOM RI (ist)

SEKADAU (Suara Sekadau) - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan penjelasan dan siaran pers tentang penarikan 27 merek makanan kemasan dalam kaleng, khususnya ikan makarel yang diindikasikan oleh BPOM mengandung parasit. Beberapa merek diantaranya Hoki, IO, Dr. Farmer dan masih banyak lagi.

Hal tersebut membuat sebagian masyarakat merasa khawatir. Sebab, ikan kemasan kaleng cukup akrab dengan dapur warga.

"Sekarang jadi mikir-mikir kalau mau beli. Walaupun harganya mahal belum tentu aman juga," ujar Adrianus, salah satu warga kota Sekadau, Jum'at (30/3).

Sementara, Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Sekadau, Hironimus mengatakan di wilayah Kabupaten Sekadau sejauh ini belum ada tindakan inspeksi atau penertiban atas produk-produk kalengan yang direkomendasikan oleh BPOM untuk ditarik peredarannya itu.

"Terkait ikan kaleng yang mengandung cacing akan kita koordinasikan dengan dinas terkait. Karena secara nasional kita semua juga sudah tahu melalui media massa. Akan tetapi, kami belum ada petunjuk mengenai mekanismenya. Karena kita juga tidak boleh sembarangan mengambil tindakan kalau belum pegang dasarnya," kata Hironimus.

Hiron mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Sekadau untuk sementara waktu tidak membeli makanan kaleng yang diduga mengandung cacing.

"Untuk sidak (inspeksi mendadak) pasti kita lakukan tinggal tunggu waktunya. Karena kita harus koordinasi dulu dengan dinas terkait," pungkas Hiron.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau saat dikonfirmasi belum memberikan jawaban sampai berita ini ditulis. *

Penulis : Benidiktus G Putra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini