-->
    |

Bupati Sekadau ; Yang Tidak Mendesak Jangan Dibangun Dulu

SEKADAU (Suara Sekadau) - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau untuk tahun anggaran 2019 dilaksanakan hari Selasa (20/3) pagi. Seluruh stakeholder hadir dalam musrenbang yang dihelat di aula kantor bupati Sekadau tersebut.

Bupati Sekadau, Rupinus, dalam sambutannya mengatakan, eksekusi pembangunan haruslah berasaskan skala prioritas yang benar-benar mendesak.

"Jangan semua jadi prioritas, utamakan yang sangat mendesak. Kalau semua prioritas, sedikit-sedikit tidak ada artinya, jadi harus fokus. Kalau kita membangun tidak ada manfaat, itu bisa menyalahgunakan keuangan negara," kata Rupinus.

Ia mencontohkan, program pembangunan jalan usaha tani (JUT) atau pagar sekolah. Menurut Rupinus, JUT dan pagar sekolah bukan termasuk prioritas yang sangat mendesak.

"JUT memang prioritas, tapi kalau belum lama dibangun sudah tumbuh kayu sebesar lengan artinya kan tidak dipakai jalannya. Begitu juga pagar sekolah, tidak ada korelasinya dengan peningkatan mutu pendidikan Yang mendesak itu yang di tepi jalan raya, berbatasan dengan tanah orang, takut dicaplok," ucapnya.

Rupinus memaparkan, agenda prioritas pembangunan tahun 2019 diantaranya peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur dasar, kualitas pendidikan, peningkatan mutu pelayanan kesehatan, pelayanan publik, dan sebagainya.

Staf ahli gubernur bidang pembangunan dan ekonomi, Ana Verdiana Iman Kalis saat membacakan sambutan penjabat Gubernur Kalbar mengatakan, rencana kerja pemerintah daerah merupakan penjabaran dari rencana pembangunan jangka menengah daerah.

"Yang memuat rencana kerja dan perencanaan satu tahun anggaran. RKPD berpedoman pada program strategis nasional," ujar Ana.

Ia menambahkan, RKPD memiliki fungsi sangat strategis. Karena itu, harus disusun dengan matang.

"Juga harus sinkron dengan RKPD pemprov, serta rancangan prioritas pembangunan nasional," pungkasnya. *

Penulis : Benidiktus G Putra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini