-->
    |

Paskah Bersama Ayuong To Ketungau, Sub Suku Dayak Terbesar Kedua di Sekadau

SEKADAU (Suara Sekadau) - Paguyuban Ayuong To Ketungau Kabupaten Sekadau mengadakan Paskah bersama yang dihelat pada hari Minggu (15/4) sore, di Betang Youth Center.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Sekadau bersama sejumlah kepala SKPD, anggota DPRD Provinsi Kalbar Martinus Sudarno, Ketua DPRD Sekadau beserta sejumlah anggota DPRD, ketua perkumpulan Ayuong To Ketungau, tokoh-tokoh dayak Ketungau seperti Paulus Subarno, serta tak kurang 500an warga Ketungau yang ada di wilayah Kabupaten Sekadau.

Acara dimulai sekitar pukul 16.00 WIB, diawali dengan misa yang dipimpin Pastor David yang juga putra sub suku Dayak Ketungau.

Ketua panitia paskah bersama Ayuong To Ketungau, Kusvenso mengatakan, kegiatan tersebut dapat terlaksana berkat peran dari para donatur, panitia, dan seluruh warga Ketungau.

"Semoga melalui momen ini Paskah ini kita semakin disatukan. Acara ini terlaksana berkat dukungan pak bupati dan wabup, para donatur, rekan-rekan panitia dan seluruh warga Ketungau," ujar Kusvenso.

Ketua paguyuban Ayuong To Ketungau Kabupaten Sekadau, Sabas, dalam sambutannya mengatakan, paguyuban Ayuong To Ketungau dibentuk pada tahun 2014 lalu. Paguyuban ini sudah pernah berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, misalnya Gawai Dayak Kabupaten.

"Paguyuban kita sudah terdaftar di Kemenkumham, dan secepatnya didaftarkan di Kesbangpol. Ini merupakan wadah untuk menguatkan rasa  persatuan kita. Saya ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan panitia dengan persiapan yang cukup singkat mampu mengemas kegiatan ini," tutur Sabas.

Sabas menyatakan, Ketungau merupakan sub suku Dayak terbesar kedua di Kabupaten Sekadau. Warga Ketungau tinggal di berbagai penjuru yang mengitari kota Sekadau.

Anggota DPRD Kalbar, Martinus Sudarno mengajak seluruh masyarakat Ketungau untuk melestarikan budaya dan bahasa.

"Jangan sampai generasi penerus tidak bisa bahasa Ketungau. Harapan saya kedepan kita orang Ketungau lebih bisa banyak berbuat untuk masyarakat kita, kita harus lebih maju. Dalam kesempatan ini saya juga mohon pak bupati untuk memperhatikan masyarakat Ketungau," ucap pria asal Perongkan itu.

Bupati Sekadau, Rupinus, mengapresiasi kegiatan paskah bersama Ayuong To Ketungau tersebut. Bupati mengaku senang melihat paguyuban-paguyuban yang ada di Sekadau aktif dalam berbagai kegiatan.

"Orang Ketungau banyak berkiprah di berbagai bidang. Ada yang jadi politisi, pegawai, pastor, suster, dan lain-lain," sebut Rupinus.

Dalam bidang pembangunan, Rupinus menyatakan Pemkab Sekadau bersikap adil dalam membagi anggaran.

"Karena APBD kita terbatas, semua kita bagi. Untuk basis Ketungau contohnya jalan Rawak-Empaong sudah bagus, Tinting Boyok, Timpuk, dan jalan Perongkan juga kita bangun walaupun secara bertahap. Pasti kita bangun semua," kata Rupinus. *

Penulis : Benidiktus G Putra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini