-->
    |

H-2 Pilgub, Masih Banyak Warga Belum Terima Formulir C6

Paulus Sutami

SEKADAU (Suara Sekadau) - Tinggal 2 hari menjelang pemilukada serentak, Rabu 27 Juni 2018. Namun, distribusi logistik pemilu, dalam hal ini form C6 atau surat undangan memilih, masih belum diterima semua pemegang hak pilih di Kabupaten Sekadau.

Yusak Stany, warga Jalan Abadi, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir merupakan salah satu yang belum menerima form C6.

"Sampai siang ini belum menerima kartu C6. Padahal pada saat pendaftaran ada petugas yang datang ke rumah untuk mendata," katanya, Senin (25/6).

Salah satu tokoh pemuda Sekadau, Paulus Sutami menyayangkan masih ada pemegang hak pilih yang belum menerima formulir undangan memilih tersebut. Menurut Sutami, beberapa rekannya juga mengeluhkan hal serupa.

"Ini yang tinggal di sekitar kota. Bagaimana dengan yang di pelosok. Padahal dua hari lagi sudah pemilihan," tutur Sutami.

Bagi mereka yang mengerti dan proaktif, kata Sutami, mungkin dapat segera berkoordinasi dengan KPPS setempat. Namun, jika hal tersebut terjadi pada warga yang kurang mengerti, maka potensi untuk tidak memilih bisa terbuka.

Sutami juga meminta kepada jajaran Panwaslu Kabupaten Sekadau untuk memonitor pendistribusian C6 dengan cermat sampai ke semua tingkatan.

"Jangan sampai ada warga yang dirugikan karena tidak dapat menggunakan hak pilihnya," harap Sutami.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sekadau, Nur Soleh saat dikonfirmasi secara terpisah mengatakan, penyaluran form C6 kepada calon pemilih masih bisa dilakukan hingga H-1 (besok-red).

"Karena keberadaan C6 ada di wilayah KPU, jadi silahkan koordinasi dulu ke PPK maupun PPS. Kalau tetap tidak memberikan C6, sementara mereka punya hak pilih, kami akan tindaklanjuti penyelenggaranya," kata Soleh kepada wartawan melalui jejaring pesan singkat.

Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban, belum menjawab saat dihubungi melalui sambungan telepon hingga berita ini ditulis. *

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini