-->
    |

Pelanggaran Minim, Panwaslu Nilai Pilgub di Sekadau Sukses

Nur Soleh

SEKADAU (Suara Sekadau) - Usai sudah pemilihan gubernur Kalbar tahun 2018. Saat ini tinggal menunggu hasil perhitungan suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pelaksanaan tahapan pilgub di Kabupaten Sekadau dari awal hingga hari ini dinilai sukses oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sekadau. Salah satu indikatornya yaitu kecilnya angka pelanggaran pemilu.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sekadau, Nur Soleh mengatakan, pelanggaran pemilu selama tahapan pilgub berlangsung relatif minim.

"Tim patroli Panwaslu tidak menemukan politik uang, kampanye terselubung, kampanye hitam tidak ada, yang melapor pun sejauh ini tidak ada. Di masa tenang pun alat peraga kampanye sudah bersih," kata Nur Soleh, Jum'at (29/6).

Satu-satunya pelanggaran yang ditemukan Panwaslu yakni pembukaan kotak suara di salah satu TPS di wilayah Desa Semabi, Kecamatan Sekadau Hilir.

"Pelanggaran administratif di Semabi berupa pembukaan kotak suara. Itupun langsung kita suruh disegel ulang, sudah clear," terang Soleh.

Untuk sengketa pemilu, lanjut Soleh, sejauh ini belum ada laporan ke Panwas. Sebab, pihak KPU pun belum mengumumkan secara resmi hasil rekapitulasi suara. Meski demikian, Soleh memastikan pihaknya siap melayani jika nanti ada aduan sengketa pemilu.

"Kita terbuka. Setelah diputuskan KPU bagi yang mau melayangkan sengketa pemilu, kita siap fasilitasi," pungkas Soleh. *

Penulis : Benidktus G Putra


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini