-->
    |

Gawai Dayak Sekadau Dimulai 16 Juli, Ayo Ramaikan

Gunawan, ketua panitia PGD IX Kabupaten Sekadau

SEKADAU (Suara Sekadau) - Pekan Gawai Dayak ke-IX Kabupaten Sekadau akan berlangsung mulai besok 16 Juli hingga 21 Juli 2018. Panitia penyelenggara melakukan pemantapan akhir penyelenggaraan even budaya tersebut, Minggu (15/7). Bupati Sekadau bersama Wabup, Wakapolres, Dandim, dan sejumlah tokoh turut melakukan pemantauan persiapan perhelatan PGD.

Ketua panitia PGD ke-IX, Gunawan mengatakan, hingga Minggu sore, kesiapan seluruh elemen acara sudah mendekati final.

"Secara umum perkiraan kami sudah 98 persen, 2 persennya karena beberapa elemen seperti pentas masih digunakan untuk pemantauan oleh bupati dan rombongan. Sisanya tinggal merapikan lagi," kata Gunawan, (15/7) sore.

Pada PGD tahun ini, kegiatan masih akan diisi display budaya Dayak seperti pameran, perlombaan-perlombaan seputar budaya semisal lomba menganyam, permainan pangkak gasing, melukis perisai, peragaan busana, mendongeng, peragaan busana, dan masih banyak lagi.

"Lebih cenderung pada unsur display dan defile budaya," tutur ASN pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau itu.

Untuk stan pameran, panitia tahun ini mensterilkan stan pada bagian depan utama Betang Youth Center.

"Stan-stan diletakkan di sebelah kanan Betang, samping lapangan volly," tambah Gunawan.

Ia juga menginformasikan, PGD tahun ini tidak akan diisi kegiatan pawai atau karnaval budaya. Sebab, kegiatan pawai dipandang tidak cukup efektif dan efisien menurut panitia.

"Tidak pawai karena pengalaman yang sudah-sudah tidak efektif dan efisien. Misalnya dukungan dari peserta sendiri tidak maksimal. Selain itu pelaksanaan pawai umumnya bertepatan dengan jam makan. Jadi tahun ini diputuskan tidak ada pawai," pungkas Gunawan. *

Penulis : Benidiktus G Putra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini