-->
    |

Laporan Dana Kampanye PKPI Sekadau Belum Diterima KPU, Ini Penyebabnya

Drianus Saban Ketua KPU Sekadau

SEKADAU (Suara Sekadau) - Laporan awal dana kampanye (LADK) milik Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kabupaten Sekadau tidak diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau.

Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban saat ditemui Senin (24/9) membenarkan hal tersebut.

"PKPI terlambat menyampaikan laporan awal dana kampanye, sudah melewati batas waktu yang ditetapkan yaitu tanggal 23 September 2018 pukul 18.00 WIB," ujar Saban di kantor KPU Sekadau.

Saban menuturkan, tim Liaison Officer (LO) PKPI datang ke kantor KPU Sekadau setelah ketuk palu. Sehingga, KPU tidak dapat menerima berkas LADK PKPI. Sementara parpol-parpol lain sudah menyerahkan lebih awal.

"Berkasnya ada, hanya terlambat waktu, kira-kira terlambat 7 menit. KPU tetap berpatokan pada aturan dan berlaku adil," jelas Saban.

Anggota Bawaslu Sekadau yang membidangi divisi hukum, penindakan pelanggaran dan sengketa Pemilu, Al Aminudin saat dikonfirmasi secara terpisah mengatakan pihaknya sudah menerima koordinasi dari pengurus PKPU Sekadau terkait hal tersebut.

"Masih tahap konsultasi," ujar Al Aminudin di sekretariat Bawaslu Sekadau.

Ia menjelaskan, Bawaslu Sekadau terbuka terhadap setiap aduan atau laporan.

Soal penyelesaian sengketa, Aminudin menuturkan ada beberapa tahap yang perlu dilengkapi.

"Pertama, kalau sengketa harus ada objek berupa keputusan atau berita acara. Ada waktu 3 hari ajukan ke bawaslu, kemudian 3 hari kerja untuk perbaikan berkas. Ada pula ruang untuk mediasi. Kalau tidak selesai baru disengketa-kan (sidang-red)," jelasnya.

Sementara ketua PKPI Kabupaten Sekadau Wilbertus Willy saat hendak dikonfirmas belum memberikan jawaban.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini