-->
    |

Launching Program Inovasi Desa di Kabupaten Sekadau

SEKADAU (Suara Sekadai) - Tim Inovasi Kabupaten(TIK) Sekadau menyelenggarakan Bursa Inovasi Desa di halaman kantor Bupati Sekadau, Selasa (25/9).

Bursa Inovasi Desa dibuka oleh bupati Sekadau Rupinus, dihadiri Wakil bupati Sekadau Aloysius, Ketua DPRD Sekadau, para Kepala OPD dan, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Sekadau.

Koordinator Tim Inovasi Kabupaten Sekadau Bayu Dwi Harsono dalam sambutannya mengatakan, Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa di lingkup Kabupaten.

"Pelaksanaan bursa inovasi desa mengacu pada keputusan menteri desa, pembangunan daerah tertinggal  dan transmigrasi nomor 48/2018," ujar Bayu.

Pelaksanaan kegiatan tersebut, kata Bayu, bertukuan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

"Sedangkan kegiatan-kegiatan yang akan dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa yakni kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa," papar Bayu.

Bupati Sekadau Rupinus dalam sambutannya berharap Bursa Inovasi Desa dapat menjadi praktik cerdas, tepat sasaran dan dapat diidentifikasi serta validasi, sekaligus diekspos oleh tim pelaksana inovasi.

"Kegiatan-kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat porsinya dalam APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa) masih sangat minim,untuk hal ini munculnya ide-ide kreatif perlu di dukung lewat langkah-langkah nyata," kata Rupinus.

"Program Inovasi Desa dimunculkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkesinambungan," pungkasnya mengakhiri pidato.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini