-->
    |

Nanga Taman Kebagian Program BSPS 200 Unit Rumah, Ini Penjelasan Kadis Perkimtan

Ilustrasi (ist)

SEKADAU (Suara Sekadau) - Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Sekadau merasa kecewa karena program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR untuk Kabupaten Sekadau tahun 2018 hanya diplot di satu kecamatan saja.

Anggota fraksi Gerindra, Yodi Setiawan mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh langsung dari Kementerian PUPR, Kabupaten Sekadau mendapat dana BSPS untuk 200 rumah. Masing-masing 15 juta rupiah untuk tiap rumah.

"Namun, dana BSPS itu hanya diplot untuk kecamatan Nanga Taman saja sebanyak 200 rumah. Yang kita sayangkan, mengapa di kecamatan lain tidak ada. Ini kan yang mengusulkan tentunya dari instansi terkait di Pemkab Sekadau," kata Yodi.

Adapun rincian penerima dana BSPS tahun 2018 antara lain Desa Rirang Jati sebanyak 45 unit rumah, Senangak 35 rumah, Meragun 63 rumah, Desa Nanga Taman 15 rumah, dan Desa Pantok 42 unit rumah.

Menurut Yodi, tidak adil jika bantuan dari pemerintah pusat tidak dibagi secara merata untuk seluruh wilayah Kabupaten Sekadau.

"Di Kabupaten Sekadau ada 7 kecamatan. Apakah di kecamatan lain tidak ada rumah yang layak mendapat bantuan tersebut. Kita juga mempertanyakan data yang dimiliki instansi terkait apakah valid atau tidak ," pungkasnya.

Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Sekadau Yosep Yustinus saat dikonfirmasi Selasa (23/10) membenarkan tahun ini Kabupaten Sekadau memperoleh jatah program BSPS di Kecamatan Nanga Taman untuk 200 unit rumah. Namun, yang menentukan kuota dan penempatan program BSPS bukanlah pemerintah kabupaten.

"Kita mengusulkan untuk semua kecamatan, namun ini kan program pusat yang ditangani oleh satuan kerja di provinsi. Jadi yang memutuskan adalah satker di Pontianak," jelas Yosep.

Ia menambahkan, program BSPS dilakukan secara bergiliran. Pada tahun lalu, Kecamatan Sekadau Hilir yang mendapat jatah. Sementara untuk tahun ini Kecamatan Nanga Taman.

"Untuk 2019 kita usulkan lima kecamatan. Mudah-mudahan diterima semua," pungkas Yosep.*

Penulis : Benidiktus G Putra



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini