-->
    |

Pemkab Sekadau Minta LG Group Balik Nama PT GUM dan TBSM

SEKADAU (Suara Sekadau) - DPRD Sekadau menggelar rapat yang tertunda bersama TP4K dan sejumlah perusahaan sawit seperti PT Parna Agro Mas, Grand Utama Mandiri dan Tinting Boyok Sawit Makmur, Kamis (11/10). Rapat dipimpin ketua DPRD Albertus Pinus.

Bahasan utama dalam rapat yakni tentang take over atau akuisisi PT GUM dan TBSM oleh Parna Agro Mas (LG Indonesia Group).

Dalam rapat itu terungkap bahwa memang telah terjadi take over, seperti yang dijelaskan Asisten II Pemkab Sekadau Paulus Yohanes dan diakui oleh masing-masing perusahaan yang hadir. Namun, take over yang dilakukan.adalah pembelian saham mayoritas.

"Benar telah terjadi take over. Ada surat kepada Bupati Sekadau tentang laporan status take over PT GUM dan TBSM, telah berubah kepemilikan saham. PT Green Global Lestari (LG Group) membeli 95 persen saham," ungkap Paulus Yohanes.

Pembelian saham seperti yang dilakukan PT Green Global Lestari, kata Yohanes, sah menurut undang-undang. Transaksi saham tidak diwajibkan membayar BPHTB. Namun, Yohanes menyatakan Pemkab Sekadau mendorong agar dilakukan perubahan kepemilikan perusahaan sehingga dapat ditarik BPHTB.

"Bagaimana supaya ada pemasukan untuk PAD, mungkin ada aturan tertentu yang jadi kewenangan daerah supaya terjadi entitas kepemilikan perusahaan. Kita harap ada niat dari perusahaan untuk mengubah kepemilikan (balik nama-red) supaya ada kontribusi untuk daerah," papar Yohanes.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini