-->
    |

Uji Materi Dikabulkan MA, DPC Hanura Sekadau Yakini OSO Sukses di Pemilu 2019

Liri Muri (kanan) bersama ketua DPC Hanura Sekadau Abuntono

SEKADAU (Suara Sekadau) - DPC Partai Hanura Kabupaten Sekadau turut gembira atas dikabulkannya uji materiil yang diajukan Oesman Sapta kepada Mahkamah Agung terhadap peraturan KPU 26/2018 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Dewan Perwakilan Daerah.

"Kami tidak ragu sedikitpun terhadap kapasitas pak Oesman Sapta. Kami turut berbahagia untuk beliau," kata Sekretaris DPC Hanura Sekadau, Liri Muri, Rabu (31/10).

Dengan demikian, tidak ada alasan Oesman Sapta tidak dimasukkan dalam daftar calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk pemilu 2019.

"Kami juga berdoa agar beliau sukses dalam pemilu tahun depan dan kembali duduk di DPD," ucap Liri.

Diberitakan sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan uji materiil yang diajukan Oesman Sapta terkait peraturan KPU 26/2018 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Dewan Perwakilan Daerah, dengan nomor registrasi 65 P/HUM/2018, tanggal 25 September 2018 lalu.

Kuasa hukum Oesman Sapta, Dodi Abdulkadir membenarkan kalau MA mengabulkan permohonan uji materi tersebut.

"Benar, MA mengabulkan permohonan uji materiil yang diajukan Bapak Oesman Sapta," kata Dodi, Senin (29/10), sebagaimana dilansir RMOL.co.

Ditegaskan, dengan dikabulkannya permohonan uji materiil tersebut, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki kewajiban hukum untuk memasukan kembali Oesman Sapta sebagai calon Dewan Perwakilan Daerah untuk mengikuti pemilu tahun 2019.

Dengan demikian, menurut Dodi, KPU tidak memiliki dasar hukum untuk mencoret Oesman Sapta dan KPU wajib mengembalilan Oesman Sapta dalam daftar nama calon DPD.

"Permohonan uji materiil sudah disetujui MA. Berarti PKPU tentang Calon DPD tidak boleh merangkap pengurus partai dibatalkan," demikian Dodi.*

Penulis : Benidiktus G Putra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini