-->
    |

Rupinus Buka Festival Budaya Kabupaten Sekadau ke Tujuh

SEKADAU (Suara Sekadau) - Bupati Sekadau Rupinus didampingi Wabup Aloysius membuka Festival Budaya Bumi Lawang Kuari ke-7, Sabtu (15/12) di komplek Betang Youth Center.

Turut hadir Kapolres Sekadau, Kajari Sekadau, perwakilan Dandim 1204, kepala Bank Kalbar, instansi vertikal, direktur RSUD Sekadau, serta para pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau.

Pada tahun ini, pelaksanaan FBBLK dibarengi dengan rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Sekadau ke-15 yang jatuh pada tanggal 18 desember.mendatang.

Bupati Sekadau Rupinus dalam sambutannya mengatakan FBBLK merupakan ajang display budaya Kabupaten Sekadau yang penduduknya majemuk.

"Potensi budaya dan pariwisata bisa menjadi sumber perekonomian daerah. Dalam kegiatan ini, saya harap para peserta dapat tampil maksimal. Dan yang terpenting adalah sebagai wadah untuk mempererat jalinan silaturahmi," kata Rupinus.

Berdasarkan UU nomor 5 tahun 2014 tentang Pemajuan Kebudayaan, ada beberapa instrumen yang perlu dilaksanakan oleh daerah. Selain itu, daerah juga diminta menyusun pokok pikiran tentang kebudayaan. Tujuannya adalah untuk memperoleh dana dari pusat di bidang kebudayaan dan pariwisata.

"Namun, Kabupaten Sekadau belum menyusun pokok pikiran tersebut. Saya minta Dinas Porapar tahun 2019 nanti sudah bisa menyusunnya supaya dapat anggaran dari pusat," pesan Rupinus.

Di sisi lain, pelaksanaan FBBLK juga diharapkan dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat.

Pembukaan FBBLK dan rangkaian HUT Kabupaten Sekadau ke 15 secara resmi ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan burung merpati.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini