-->
    |

KPU Sekadau Gelar Bimtek Relawan Demokrasi, Ini Tugasnya

SEKADAU (SuaraSekadau) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau menggelar bimbingan teknis bagi relawan demokrasi (Relasi) pemilu 2019, Sabtu (19/1) di mess Pemkab Sekadau.

Bimtek dibuka Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban didampingi empat anggota KPU Sekadau Marikun, Yusvia Nonong, Gita Rantau dan Heriadi.

Ketua KPU Sekadau Drianus Saban dalam sambutannya mengatakan relawan demokrasi merupakan bagian dari KPU.

"Relawan demokrasi merupakan bagian penyelenggara pemilu. Bisa dikatakan Relasi merupakan humasnya KPU," kata Saban.

Tugas utama relawan demokrasi, kata Saban, yakni mendongkrak partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Secara nasional, target partisipasi pemilih dalam pemilu 2019 sebesar 77,5 persen. Di Kabupaten Sekadau, KPU berupaya mencapai angka 80 persen.

"Ada tren penurunan partisipasi pemilih sejak pemilu 2004. Ini menjadi salah satu tugas utama Relasi. Sampaikan kepada masyarakat sesuai basis dan wilayah masing-masing," tutur Saban.

Ia juga menekankan agar para relawan menjaga jarak dengan peserta pemilu, termasuk berfoto bersama.

"Jaga netralitas. Tapi kalau ada yang ragu-ragu menjadi relawan, masih ingin bergabung di tim sukses atau saksi parpol, masih dipersilahkan," ucapnya.

Anggota KPU Sekadau divisi sosialisasi dan partisipasi masyatakat, Gita Rantau menyatakan jumlah keseluruhan relawan demokrasi di Kabupaten Sekadau 55 orang. Sedangkan yang mendaftar berjumlah 87 orang.

"Bimtek ini merupakan pembekalan bagi relawan sebelum terjun ke lapangan," kata Gita.

Setelah bimtek, relawan dalam waktu dekat akan langsung turun ke masyarakat.

"Direncanakan tanggal 21Januari sudah ke lapangan, buat jadwalnya dulu. Nanti akan dibentuk satu basis beranggotakan lima orang relawan. Harapan kita setiap minggu minimal ada satu kegiatan," pungkas Gita.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini