-->
    |

KPU Sekadau Lantik 14 Anggota PPK Tambahan

SEKADAU (Suara Sekadau) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau melantik 14 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pemilu 2019 untuk 7 kecamatan , Rabu (2/1) di mess Pemkab Sekadau.

Pelantikan dilakukan ketua KPU Sekadau Drianus Saban didampingi empat anggota KPU lainnya. Turut hadir ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau Nur Soleh dan anggota Bawaslu Tiodorus Sutet.

Keempat belas anggota PPK ini merupakan tambahan dari anggota PPK sebelumnya berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi. Masing-masing kecamatan mendapat tambahan dua orang tenaga PPK. Dengan demikian, jumlah keseluruhan anggota PPK se Kabupaten Sekadau berjumlah 35 orang.

Dari 14 orang anggota baru PPK, dua diantaranya merupakan perempuan.

Ketua KPU Sekadau dalam sambutannya usai melantik anggota PPK berpesan agar anggota PPK dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya dengan penuh tanggungjawab serta berpedoman pada aturan dan undang-undang yang berlaku.

"Merupakan bagian dari kesiapan penyelenggara pemilu. Menjadi penyelenggara pemilu harus total, jiwa dan raga kita untuk pemilu. Nanti akan jarang bertemu dengan keluarga. PPK dan PPS merupakan kunci utama penyelenggaraan pemilu," kata Saban.

Ia menekankan agar anggota PPK menjaga netralitas dan integritas. Salah satu bentuknya yakni dengan mengurangi interaksi dengan peserta pemilu.

"Walaupun tidak dilarang, kurangi interaksi dengan parpol atau calon. Ini supaya kita berlaku adil," pesan Saban.

Salah satu tugas yang sudah menanti PPK adalah rekrutmen anggota KPPS. Saban juga mengingatkan agar proses perekrutan ini dilaksanakan secara cermat.

"Harus betul-betul ditracking calon anggota KKPS yang diajukan. Jangan sampai ada diantaranya yang sudah menjadi saksi parpol dan sebagainya," pungkas Saban.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini