-->
    |

Oknum ASN Dinas Pendidikan Diduga Atur Proyek Swakelola di Sekolah

Ilustrasi (ist)

SEKADAU (Suara Sekadau) - Seorang oknum ASN eselon III yang menduduki jabatan strategis di Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau diduga melakukan intervensi terhadap sekolah-sekolah jenjang pendidikan dasar yang mendapat proyek yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Anggaran DAK untuk sekolah umumnya disalurkan langsung ke rekening sekolah dan menjadi hak penuh pihak sekolah untuk mengelolanya (swakelola).

Adapun indikasi bentuk intervensi yang dilakukan oknum ASN di Dinas Pendidikan tersebut yakni dengan menekan kepala sekolah agar menyerahkan pelaksanaan proyek swakelola kepada pihak ketiga, baik badan hukum ataupun perorangan yang sudah ditentukan.

Informasi yang dihimpun, hampir semua sekolah yang menerima proyek swakelola mendapat perlakuan serupa dari oknum tersebut.

"Saya didatangi seseorang yang mengatakan akan melaksanakan rehab gedung sekolah. Dia mengaku ditunjuk oleh atasan kami di dinas," ungkap salah seorang kepala sekolah yang memohon identitasnya disembunyikan karena takut akan diintimidasi.

Proses ini bahkan sudah berlangsung lebih dari satu tahun anggaran. Salah seorang kepala sekolah lainnya juga mengamini hal tersebut.

"Memang ada seperti itu," kata kepala sekolah tersebut.

Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadai belum dapat dikonfirmasi terkait hal ini.*

Penulis : Benidiktus G Putra


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini