|

Kapolsek Belitang Tinjau Jalan Rusak

BELITANG (Suara Sekadau) - Jalan penghubung antara Kecamatan Belitang menuju Kecamatan Belitang Hulu mengalami rusak parah dan menjadi sorotan media akhir-akhir ini.

Warga yang saban hari melintasi jalur tersebut mengeluhkan kerusakan parah di beberapa titik jalan.

Mulai dari dusun Selintah, Desa Menua Prama, Dusun Muntik, dan Dusun Ansar Batu Desa Nanga Ansar Kecamatan Belitang.

Kerusakan pada poros jalan ini mengakibatkan di tengah jalan terdapat kubangan lumpur seperti sungai pada saat hujan. Ini memaksa kendaraan yang melintas tidak memiliki pilihan lain dan harus berkubang dengan lumpur untuk melalui jalan tersebut.

Terlebih lagi jalan tersebut merupakan akses satu-satunya bagi warga dari Kecamatan Belitang menuju Belitang Hulu dan sebaliknya.

Menanggapi hal tersebut Kapolsek Belitang Ipda Agus Junaidi didampingi Bhabinkamtibmas Bripda Angga Saputra melakukan pengecekan ke beberapa titik jalan yang mengalami rusak dan menimbulkan kemacetan bagi pengguna jalan baik roda 2 maupun roda 4, Selasa  (12/3/) siang.

Di beberapa titik yang dilakukan pengecekan oleh Kapolsek dan Bhabinkamtibmas didapati ada operator alat berat dari PT. KBP yang memperbaiki jalan di dusun Selintah desa Menua Prama dan di lokasi dusun Muntek desa Nanga Ansar juga terdapat operator alat berat dari PT. KSP dengan melalukan hal yang sama.

Menurut warga, kerusakan sudah lama terjadi dan diperparah dengan kondisi curah hujan tinggi dalam beberapa pekan terahir di Kecamatan Belitang.

Disamping pihak perusahaan yang membantu memperbaiki jalan tersebut, para warga setempat juga melakukan gotong royong untuk tambal sulam dijalan yang rusak.

Tetapi hal tersebut tidak bisa bertahan lama karena jalan itu sering dilewati setiap hari oleh pengguna jalan termasuk untuk mengangkut buah sawit milik perusahaan di wilayah Kecamatan Belitang Hulu.

Dengan kondisi jalan berlumpur, berlubang, dan licin terdapat tanah kuning seperti ini membuat kendaraan yang bermuatan berat mengalami amblas.

Kapolsek berharap dengan dilakukan perbaikan jalan oleh perusahaan dapat mengatasi kerusakan jalan dan aktifitas kendaraan yang bermuatan kebutuhan pokok di Kecamatan Belitang Hulu berjalan lancar serta tidak mengalami kelangkaan barang.

Selain itu ia mengatakan pihak perusahaan sawit agar terus proaktif dalam membantu perbaikan jalan poros tersebut karena bukan hanya kendaraan umum saja yang melewati tetapi kendaraan truk bermuatan sawit juga melewatinya setiap hari.

“Dari hasil pengecekan ada 4 titik di 2 desa yaitu 2 titik di desa Menua Prama dan 2 titik di desa Nanga Ansar dan sekarang dalam tahap perbaikan dari perusahaan untuk kelancaran kendaraan serta aktifitas masyarakat setiap hari," ucap Kapolsek Belitang.

Penulis : Humas Polsek Belitang
Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini