|

Mendesak, Poktan Lubuk Panjang Seransa Minta Dibangun JUT

Jalan usaha tani (ist)

SEKADAU (Suara Sekadau) - Kelompok Tani Lubuk Panjang Dusun Seransa, Desa Gonis Tekam mengharapkan pembangunan jalan usaha tani (JUT) di areal pertanian dan kebun yang mereka garap.

Ketua Poktan Lubuk Panjang, Herkulanus mengatakan kelompok mereka terdiri dari petani padi, karet, kelapa sawit, dan sebagainya.

Saat ini lahan yang digarap anggota kelompok belum memiliki jalan poros. Hal tersebut menyulitkan mobilisasj petani.

"Yang ada jalan tikus. Jadi kalau panen padi, karet, sawit susah sekali. Kalau ada jalan kan enak bisa masuk kendaraan roda dua dan empat," kata Herkulanus, Jumat (8/3).

Poktan Lubuk Panjang sebenarnya sudah berkoordinasi dengan Pemdes Gonis Tekam untuk meminta pembangunan JUT. Namun, karena anggaran desa terbatas, maka usulan tersebut belum dapat diakomodir pemdes.

Karena kebutuhan akan jalan sudah mendesak, Poktan Lubuk Panjang pun mengajukan proposal pembangunan JUT kepada Pemkab Sekadau melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan.

"Proposalnya sudah kami sampaikan pada tahun 2018 lalu. Kami berharap dapat diakomodir oleh Pemkab Sekadau pada tahun ini. Sebab kami sangat memerlukan adanya jalan yang layak," tutur Herkulanus.

Ia menambahkan, pemilik lahan di jalur yang direncanakan akan dibangun JUT sudah bersedia memberikan lahannya untuk dibangun jalan.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini