|

Penyelenggara Pemilu Diminta Netral

SEKADAU (Suara Sekadau) - Anggota  KPU Kabupaten Sekadau Gita Rantau menegaskan agar seluruh petugas penyelenggara pemilu bersikap netral pada pelaksanaan pemilu serentak 2019.

"Kepada segenap petugas penyelenggara pemilu, saya tegaskan agar bersikap netral dan tidak terindikasi menjadi anggota salah satu partai politik atau pun menjadi tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden," kata Gita dikonfirmasi melalui sambungan telepon usai bimtek rekapitulasi penghitungan suara, (28/3) kemarin.

Hal ini ditekankan berdasarkan pada peraturan kepemiluan yang menyatakan bahwa bagi petugas penyelenggara pemilu mulai dari tingkat KPPS hingga KPU pusat tidak boleh terlibat partai politik dan pendukung salah satu kandidat.

"Bila terbukti secara administrasi dan ada bukti - bukti kuat sebagai pendukung lainnya, maka otomatis kepada yang bersangkutan akan  digugurkan dari posisinya sebagai penyelenggara pemilu," tuturnya.

Dijelaskan pula, dasar hukum ada pada undang - undang nomor 07 tahun 2017 yang mengatur tentang pemilu dan kode etik Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan umum. *

Penulis : Mohammad Sandi
Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini