|

PT BCA Didukung Menjadi Sub Pelaksana Pembangunan SUTT Sekadau Sintang

Yusuf Said

SEKADAU (Suara Sekadau) - PT PLN melanjutkan pembangunan jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Kalbar.

Tahun ini, pembangunan dilanjutkan pada paket 8, dengan jangkauan mulai dari gardu induk KM 04 Jalan Sekadau-Sintang sampai kawasan Sungai Ringin Kabupaten Sintang. Lebih kurang 125 titik menara akan dibangun sepanjang jalur ini. Proyek ini sudah dilelang dan dimenangkan oleh PT. Sangkan Jaya.

Kegiatan ini pun disambut hangat masyarakat sekitar.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang, Yusuf Said mengatakan masyarakat di daerahnya sangat bersyukur atas pembangunan jaringan SUTT tersebut. Kecamatan Sepauk merupakan salah satu yang akan dilintasi jaringan SUTT.

"Kita berterimakasih dengan adanya pembangunan ini, terlebih daerah kami akan menikmati hasilnya," kata Yusuf Said ditemui di Sekadau, (2/3).

Namun demikian, ia berharap pelaksanaan teknis pembangunan jaringan SUTT agar melibatkan masyarakat lokal.

Said mengungkapkan, ia telah mendapat desakan dari masyarakat di daerahnya agar warga disana dilibatkan dalam pekerjaan teknis. Ia juga sudah berkoordinasi dengan beberapa desa yang dilintasi jaringan SUTT.

"Mereka juga satu bahasa, yakni meminta agar masyarakat setempat dilibatkan. Tidak hanya pada pekerjaan kasar, namun juga pada posisi-posisi yang strategis," tutur Said.

DAD Kecamatan Sepauk sudah membuat surat rekomendasi. Rekomendasi tersebut memuat empat pernyataan.

Yang pertama, DAD Sepauk meminta dan mendukung agar pelaksanaan teknis pembangunan SUTT di wilayah Kecamatan Sepauk diserahkan kepada PT Benua Cahaya Abadi (BCA).

Rekomendasi yang kedua berbunyi, PT BCA telah berpengalaman dan terbukti dalam melaksanakan pekerjaannya (SUTT). PT BCA sebelumnya melaksanakan pembangunan jaringan SUTT paket 6 dan 7 Tayan - Sekadau.

Yang ketiga, PT BCA dianggap mampu bekerjasama dengan masyarakat adat sekitar karena pimpinan PT BCA juga merupakan putra Kecamatan Sepauk.

Rekomendasi yang terakhir berbunyi PT BCA melibatkan masyarakat Sepauk dalam melaksanakan pekerjaannya.

"Sebab saat ini ekonomi sedang sulit, harga komoditas sedang anjlok, masyarakat butuh penghasilan tambahan. Oleh sebab itu rekomendasi ini kami keluarkan, juga atas dasar desakan masyarakat," jelas Yusuf Said.

Karena itu, ia berharap agar permintaan masyarakat tersebut dapat dipahami oleh pihak-pihak yang berkompeten. *

Penulis : Benidiktus G Putra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini