|

Sudah MoU dengan Pemda, Perusahaan Sawit Didesak Serius Rawat Jalan

Kondisi jalan di wilayah Desa Merbang

SEKADAU (Suara Sekadau) - Perusahaan kelapa sawit di Belitang Hilir diminta serius membantu merawat jalan.

Pada 30 Januari 2019 lalu, sejumlah perusahaan sawit sudah menandatangani memorandum of understanding (MoU) bersama Pemkab Sekadau tentang pembagian tanggungjawab perawatan ruas jalan.

Namun, kondisi jalan di Kecamatan Belitang Hilir khususnya wilayah Desa Merbang hingga Desa Timpuk Kecamatan Sekadau Hilir masih saja rusak, bahkan rusak berat.

Salah seorang warga Desa Merbang, Albertus Wawan mendesak perusahaan kelapa sawit yang berdomisili di Kecamatan Belitang Hilir untuk tidak hanya ingin mengambil keuntungan dari hasil tanah yang diserahkan oleh masyarakat.

"Tetapi sarana transportasi masyarakat diperhatikan juga. Apalagi sudah MoU dengan pemda. Tentu harapan kita berkelanjutan," kata Wawan, (11/3).

Wawan mengatakan, beberapa titik di sepanjang jalan Merbang-Timpuk dan sekitarnya rusak parah. Apalagi saat musim hujan sekarang ini.

"Di musim kemarau juga tidak di perbaiki apalagi musim hujan," tuturnya.

Menurut Wawan, harus ada ketegasan dari Pemkab agar perusahaan-perusahaan sawit benar-benar memiliki niat baik untuk merawat jalan. Bukan sekedar retorika untuk menyenangkan pemimpin semata.

"Jangan seperti seperti kerjaan anak-anak. Jalan hanya disekrap menggunakan alat berat, kapan bagus nya. Harapan kita menggunakan material kokoh misalnya batu, supaya tahan," ujarnya.

Jika dibandingkan cara perusahaan sawit memperlakukan jalan kebun dengan merawat jalan pemerintah, lanjut Wawan, sangat kontras.

"Jangan hanya ini mengambil untung saja," pungkasnya.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini