|

Besok, Bawaslu Sekadau Proses Laporan Politik Uang

Al Aminudin
SEKADAU (Suara Sekadau) - Bawaslu Sekadau telah menerima empat laporan politik uang yang terjadi selama masa tenang pemilu 2019.

Anggota Bawaslu Sekadau, Al Aminudin menyatakan keempat laporan tersebut datang dari dua kecamatan. Masing-masing Sekadau Hilir dan Nanga Mahap.

"Kecamatan Sekadau Hilir laporannya datang dari KM 07 Desa Mungguk sebanyak dua laporan, dan satu laporan dari Seransa Desa Gonis Tekam. Sedangkan kecamatan Nanga Mahap laporannya dari Desa Tamang. Semuanya laporan resmi dugaan politik uang di masa tenang," ungkap Al Aminudin, Kamis (18/4).

Ia menambahkan, tiga laporan di Kecamatan Sekadau Hilir disampaikan langsung ke Bawaslu Sekadau. Sedangkan laporan di Nanga Mahap ditujukan ke Panwas Kecamatan.

"Namun karena ini ranahnya merupakan pidana pemilu, maka akan ditangani oleh sentra penegakkan hukum terpadu (Gakkumdu)," terang Al.

Tak mengulur waktu, Bawaslu bersama Gakkumdu akan segera memulai pemrosesan empat laporan tersebut besok, Jum'at (19/4) besok.

"Pembahasan empat laporan dugaan politik uang tersebut akan dilakukan Jum'at 19 April pukul 14.00 WIB. Terbuka untuk umum," jelas Al.

Setelah dibahas bersama Gakkumdu, langkah selanjutnya adalah penindakan. Dimulai dengan klarifikasi pada pihak-pihak terkait.

"Akan memanggil saksi-saksi dan para pihak terkait," ucap Al.

Lebih jauh ia menambahkan, keempat laporan disertai bukti berupa uang.

"Dan satu peristiwa di Sekadau Hilir bahkan disertai bahan kampanye," tambahnya.

Al menegaskan, Bawaslu Sekadau sangat serius dalam menyikapi laporan-laporan tersebut.

"Pada prinsipnya kami sangat serius, apalagi menyangkut politik uang. Kita bersama Gakkumdu akan menindak sesuai prosesur. Kita lihat unsur-unsur apakah terpenuhi," pungkasnya.*

Penulis : Benidiktus G Putra







Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini