|

Kendala Teknis, Pemrosesan Dugaan Politik Uang Ditunda

SEKADAU (Suara Sekadau) - Pembahasan empat laporan dugaan politik uang yang masuk ke Bawaslu Sekadau yang direncanakan hari ini, Jum'at 19 April pukul 14.00 WIB batal atau ditunda.

Anggota Bawaslu Sekadau divisi penindakan pelanggaran, Al Aminudin menyatakan pembatalan tersebut disebabkan persoalan teknis.

"Pihak dari Kejaksaan Negeri Sekadau sedang berhalangan hadir pada waktu pembahasan. Untuk sementara kita tunda dan kita upayakan secepatnya dibahas," ungkap Al Aminudin di kantor Bawaslu Sekadau, Jum'at (19/4).

Ia menjelaskan, masa penanganan pelanggaran pemilu adalah dua kali tujuh hari, atau empat belas hari terhitung sejak laporan diregister.

"Pembahasan pelanggaran pemilu bersama Gakkumdu tidak terbuka untuk umum," jelasnya.

Untuk tahap pertama Gakkumdu akan membahas syarat formil dan materil laporan, menentukan pasal-pasal yang relevan berkaitan dengan dugaan tindak pidana pemilu.

"Tahap kedua pemeriksaan saksi-sakai keterpenuhan unsur. Apakah unsur pelanggaran itu cukup. Jika ternyata cukup unsur, dilimpahkan ke kepolisian untuk tahap penyidikan," terang Al.

Lebih jauh, jika semua unsur terpenuhi maka langkah selanjutnya adalah penyidikan oleh pihak kepolisian hingga masuk ke meja hijau.

"Bawaslu dapat merekomendasikan pembatalan sebagai calon terpilih jika sudah ada putusan inkracht dari pengadilan," tandas Al.*

Penulis : Benidiktus G Putra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini