|

KPPS se Kecamatan Belitang Resmi Dilantik

BELITANG (Suara Sekadau) - Dalam rangka persiapan menghadapi pemilu serentak tahun 2019 yang hanya tinggal 9 hari lagi, hari ini (8/4) PPK Belitang bersama PPS melantik petugas KPPS se Kecamatan Belitang yang akan bertugas di TPS nya masing-masing.

Turut hadir Danramil Belitang, perwakilan dari Polsek Belitang dan dari kantor Camat Belitang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Belitang, dan Panwaslu Belitang.

Klaudius, ketua PPK Belitang mengatakan bahwa hal ini dilakukan sesuai dengan tahapan yang ada.

"Setelah pelantikan KPPS ini, kita lakukan bimbingan teknis juga tentang tata cara tahapan pelaksanaan di TPS kelak. Untuk pelantikannya secara simbolis dilakukan oleh ketua PPS masing - masing," ungkap Klaudius.

Dijelaskan pula bahwa untuk Kecamatan Belitang jumlah TPS yang ada sebanyak 41 TPS yang tersebar di 7 desa yang ada.

Selain itu karena terbatasnya daya tampung GPU Kecamatan Belitang dan anggaran yang ada, pelantikan sekaligus bimtek ini di bagi menjadi 2 gelombang dan hanya diwakili oleh 4 orang KPPS per TPS dan diikuti pula oleh seluruh PPS di setiap desa yang ada.

"Hari ini ada tiga desa yaitu Desa Belitang Satu, Belitang Dua dan Maboh permai dengan jumlah total peserta yaitu KPPS dan PPS nya ada 81 orang, " jelasnya.

Selanjut pada hari rabu ( 10/4 ) dengan tempat dan waktu yang sama, empat desa yang belum itu akan menyusul untuk acara pelantikan dan bimtek yang sama seperti bagi peserta gelombang pertama.

Oleh sebab itu Kaludius berharap agar para peserta setelah bimtek ini membagi ilmunya kepada 3 anggota lainnya yang tidak bisa mengikuti pelatihan.

Ia meminta para peserta agar betul - betulmemahami dan mengerti tata cara serta menguasai alur dan tahapan pada saat pemilu di hari Rabu tanggal 17 April mendatang.

Sekretaris Kecamatan Belitang Jaluk yang mewakili Camat Belitang mengatakan bahwa PPS juga  harus membantu setiap petugas KPPS di TPS masing - masing.

"PPS harus teliti dan membantu KPPS agar pemilu kali ini berjalan lancar, " ujarnya.

Perwakilan Koramil Belitang, Peltu Jamal mengatakan bahwa pihaknya siap mengamankan pemilu serentak tahun 2019 ini.

"Jangan khawatir, kami jamin penyelenggaraan pemilu serentak kelak akan berjalan dengan aman dan lancar bersama dengan pihak kepolisian dan juga tentu di dukung penuh oleh warga masyarakat. Kalau ada hal - hal yang mencurigakan, jangan ragu untuk segera melapor kepada petugas terdekat, " pesannya.

Dari pihak kepolisian sektor Belitang yang diwakili oleh Bripka Erik menegaskan pula akan pentingnya menjaga situasi kamtibmas dan netralitas bagi penyelenggara pemilu.

"Pesan pak Kapolsek agar kita semua menjaga netralitas dan kamtibmas agar situasi senantiasa aman dan kondusif. Apabila ada informasi dan ada hal - hal yang menyimpang, jangan ragu untuk melapor, kita bersama pihak TNI bersinergi siap membantu dan mengamankan agar pemilu serentak ini berjalan dengan sukses tanpa hambatan yang berarti," ujarnya singkat. *

Penulis : Muhammad Sandi
Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini