|

Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan Dimulai Besok

SEKADAU (Suara Sekadau) - Sejumlah panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desa di Kabupaten Sekadau sudah mendistribusikan kotak suara hasil pemilu 2019 ke tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan, Kamis (18/4).

Anggota KPU Sekadau, Gita Rantau ditemui saat meninjau penerimaan distribusi kotak suara di PPK Sekadau Hilir yang bermarkas di GOR Haji Mat Kali mengatakan, sampai dengan Kamis sore sudah ada 51 PPS yang mendistribusikan kotak suara ke PPK.

Di kecamatan Belitang Hulu 3 desa, Kecamatan Belitang 4 desa, Sekadau Hilir 11 desa, Nanga Mahap 10 desa, Sekadau Hulu 9 desa, Nanga Taman 8 desa, dan Belitang Hilir 6 desa.

"Semua kotak suara dalam kondisi baik. Sejauh ini belum ada yang rusak," kata Gita, Kamis sore.

Untuk jadwal pleno rekapitulasi suara tingkat, kata Gita, sebetulnya sudah dimulai pada hari ini. Namun, karena ada beberapa desa yang masih dalam proses distribusi, maka pleno belum dapat dilaksanakan.

"Pleno PPK dimulai besok, 19 April 2019," ungkapnya.

Gita menjamin seluruh kotak suara yang sudah tersimpan di gudang PPK aman dan terjaga kerahasiaannya.

"Dikawal oleh PPK, Bawaslu dan TNI Polri," jelasnya.

Sedangkan untuk pleno tingkat kabupaten, dijadwalkan mulai tanggal 22 April sampai 7 Mei 2019.

"Namun tidak mesti tanggal 22 sudah harus pleno. Karena menunggu selesai di semua kecamatan. Yang pasti paling lambat tanggal 7 Mei," pungkasnya.

Ketua PPK Sekadau Hilir, Dwi Hartejo menambahkan di Kecamatan Sekadau Hilir sudah ada 11 desa yang mendistribusikan kotak suara.

"Desa Selalong, Landau Kodah,Timpuk, Gonis Tekam, Tanjung, Bokak Sebumbun, Engkersik, Semabi, Seberang Kapuas, Peniti dan Ensalang," terang Dwi.

Sementara, desa-desa lain kemungkinan akan menyusul.

"Sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam pendistribusian. Hanya tadi sempat hujan, namun saat itu logistik masih di kantor desa, jadi aman-aman saja," tutur Dwi.

Ia juga menyatakan PPK Sekadau Hilir berkoordinasi dengan TNI Polri dan Bawaslu untuk menjaga kotak suara.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini