|

Bupati Rupinus Melayat Meninggalnya Then Jam Djam Fa di Nanga Taman

NANGA TAMAN (Suara Sekadau) - Bupati Sekadau Rupinus ikut berduka atas meninggalnya  Then Jam Djam Fa, ibu dari Budianto Nanga Taman.

Bupati tiba di rumah duka di Nanga Taman sekitar pukul 11.30 WIB, Senin (6/5).

Kedatangan orang nomor satu di bumi lawang kuari ini disambut oleh keluarga yang berduka. Ada juga hadir saat itu wakil ketua DPRD Kabupaten Sekadau Handi, beberapa orang tokoh masyarakat Nanga Taman, ada juga dari TNI Polri.

Rupinus langsung melihat jenasah almarhum Then Jam Djam Fa yang sudah terbaring kaku. Tak lupa ia turut memanjatkan doa.

“Selamat jalan ibu Then Jam Djam Fa,” ucap Rupinus.

Dari penuturan keluarga, almarhumah  meninggal dunia di rumah kediamannya pada hari Minggu 5 Mei 2019 pukul 23.35 WIB. Mendiang wafat di usia 74 tahun.

Bupati bercerita, selama sakit almarhumah sering menanyakan kabar dirinya. Semasa hidupnya almarhumah memanh sering pergi ke Pantok.

"Karena waktu itu almarhumah dan keluarga sempat tinggal di Sekotong. Saya menganggap almarhumah sebagai kakak, sebagai saudara," ujar Rupinus.

“Dulu waktu saya masih  kecil, ibu Then Jam Djam Fa sering ke Pantok. Beliau orangnya periang, beliau juga suka bercerita. Ketika ketemu, beliau suka cerita masa lalu kecil saya padahal saya sudah lupa,” kenang Bupati Rupinus.

Sebelum pulang menuju Sekadau, Bupati Rupinus berkesempatan membakar hio yang merupakan adat budaya tionghoa yang maknanya untuk penghormatan terakhir kepada almahum.

Selain membakar Hio Bupati Rupinus juga membakar Kimchi atau uang kecil yang maknanya sebagai uang bayar untuk almarhum menuju kepemakaman supaya berjalan lancar dan tidak terjadi halangan dan rintangan.*

Penulis : Hartono Humpro Pemkab Sekadau

Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini