|

Di Masa Depan, Warga Sekadau Bisa Urus Akta Kependudukan Lewat Android

Sekadau ( Suara Sekadau ) - Masyarakat Kabupaten Sekadau masih cukup banyak yang belum melakukan perekaman dokumen kependudukan.

Dokumen tersebut berupa KTP elektronik, akta kelahiran, akta kematian, status perkawinan hingga pemutakhiran keterangan dan status kependudukannya.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Sekadau, Aloysius pada kegiatan sosialisasi kebijakan kependudukan, Peraturan Presiden Nomor 96 tahun 2018, Dukcapil Go Digital melalui SIAK dengan Tanda Tangan Elektronik dan Pencatatan Biodata  Penduduk WNI dan WNA, (28/5) kemarin.

Oleh sebab itu, Pemkab Sekadau melakukan berbagai upaya agar warga mendapatkan haknya terkait data kependudukan.

"Pemerintah Kabupaten Sekadau memberikan pelayanan langsung ke desa-desa dan kecamatan untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan. Ini untuk mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan, sehingga masyarakat Kabupaten Sekadau mendapatkan hak kependudukan perseorangan dan adanya perlindungan hukum," kata Wabup.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat, Y. Anthonius Rawing mengatakan, pemerintah telah mencanangkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Adminduk).

"Di Kalbar tanggal 7-9 Mei 2018 lalu dilaunching programnya. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya tertib adminduk," jelas Rawing.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sekadau, Ignasius Boni mengungkapkan kelak warga tidak perlu lagi repot-repot mengurusi data adminduk.

"Kelak dukcapil akan go digital, warga hanya perlu telepon seluler berbasis android dan dari hp nya itu sudah bisa mengurusi adminduk. Hal ini maksudnya adalah untuk semakin mempermudah warga dalam mengurusi administrasi kependudukan. Untuk hal itu kita perlu regulasi dan kita tinggal menunggu regulasinya, " pungkasnya. *

Penulis : Muhammad Sandi
Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini