|

Menang Pemilu, Ini Skenario Pemilihan Ketua DPRD Sekadau Versi PDIP

Aloysius, ketua DPC PDIP Kabupaten Sekadau
SEKADAU (Suara Sekadau) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Sekadau hampir dipastikan memenangkan pemilu 2019 di Kabupaten Sekadau.

Dari hasil pleno KPU Kabupaten Sekadau tanggal 1 Mei lalu, PDIP mendapat tujuh kursi di DPRD Sekadau.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sekadau, Aloysius mengatakan pihaknya tidak ingin mendahului pengumuman resmi dari KPU.

"Namun dari hasil pleno KPU Kabupaten Sekadau, kita memperoleh suara terbanyak," kata Aloysius, Senin (20/5).

Raihan tersebut melampaui perolehan kursi PDIP pada pemilu 2014 silam. Saat itu PDIP mendapat enam kursi DPRD dan merupakan pemenang pemilu kala itu. Sedangkan pada pemilu 2019 ini PDIP sukses menambah satu kursi lagi. Dengan demikian, PDIP berhak atas posisi ketua DPRD Sekadau.

Menyinggung siapa bakal calon ketua DPRD, Aloysius menyatakan pihaknya belum memikirkan hal tersebut. Namun demikian, ia mengatakan penentuan jabatan ketua DPRD akan berpedoman pada mekanisme di internal partai.

"Nanti kami di DPC akan merekomendasikan nama-namanya (calon ketua) ke DPD dan DPP. Kemudian pihak DPP akan merekomendasikan kembali siapa yang layak untuk menduduki jabatan tersebut," ungkapnya.

Ia melanjutkan, jabatan ketua DPRD akan otomatis dipercayakan kepada salah satu dari unsur ketua, sekretaris, bendahara (KSB) partai jika diantara mereka ada yang terpilih sebagai anggota DPRD.

Sayangnya, tidak satupun dari unsur KSB PDIP Sekadau yang sukses melenggang ke DPRD Sekadau. Karenanya, opsi-opsi lain pun harus diambil.

"Misalnya unsur senioritas," tutur Aloy.

Jika merujuk pada aspek kesenioran, ada beberapa nama yang berpotensi. Saat ini hanya tersisa Radius Efendy dan Hermanto (Titi) yang kembali duduk di DPRD Sekadau.

Sebab, tiga orang anggota DPRD Sekadau periode 2014-2019 dari PDIP lainnya tidak terpilih kembali yakni Albertus Pinus, Herkulanus T dan Harison. Sedangkan Musa A berhasil mendapat kursi di DPRD Provinsi Kalbar.

Sementara aspek perolehan suara terbanyak, kata Aloy, tidak terlalu berpengaruh dalam penentuan jabatan ketua DPRD.

"Bisa saja orang serta merta memperoleh suara banyak. Sementara selama partai ini berjalan dia belum terlibat apa-apa," jelasnya.

Merujuk pada perolehan suara hasil pleno KPU Sekadau, untuk posisi wakil ketua DPRD 1 dan 2 diyakini akan diisi oleh partai Gerindra dan Golkar.

Tiga besar perolehan suara partai hasil pleno KPU Sekadau masing-masing PDIP 25.104 suara, disusul Gerindra 15.016 suara dan Golkar 13.636 suara.*

Penulis : Benidiktus G Putra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini