|

Peringati Hardiknas, Siswa SDN 06 Tapang Pulau Gunakan Pakaian Adat

BELITANG (Suara Sekadau) - Kepala Sekolah Dasar Negeri nomor 06 Tapang Pulau Kecamatan Belitang Saritno Dewi, mewajibkan siswa siswinya menggunakan pakaian adat suku-suku di Indonesia dalam memperingati hari pendidikan nasional tahun 2019 ini.

"Tujuan kegiatan upacara bendera pada hari ini rangka memperingati hari pendidikan nasional dengan tema menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan. Hal ini untuk menanamkan karakter pada anak didik supaya mereka mengetahui sikap, sopan santun religius dan bertanggung jawab merupakan bagian dari pendidikan," ujarnya (2/5).

Tujuan lain yaitu agar anak didik memahami pelestarian budaya.

" Anak - anak belum tahu tentang budayanya, tentunya keberagaman telah muncul di sekolah - sekolah dan kebudayaan ini beraneka ragam suku, adat dan budaya dan itu di tandai dengan cara mereka berpakaian," ungkapnya.

Pada kegiatan yang digelar di halaman depan sekolah tersebut, dihadiri oleh 308 siswa - sisiwi yang berpakaian adat.

Bahkan ada siswa yang berpakaian seragam ala TNI, Polri, perawat dan bergaya ala pegawai kantoran dengan balutan jas hitam dan dasi pun ada.

Dewi berharap agar dengan kegiatan ini lebih mempererat persatuan dan kesatuan khususnya untuk para anak - anak didik sekolah tersebut dan kedepan hal itu akan berguna untuk mereka juga.

Bhabinkamtibmas setempat Brigadir polisi Tiborsius Sugianto mengatakan memperingati hari bersejarah seperti hari pendidikan itu sangat penuh makna.

"Kita adalah bangsa yang merdeka dan didirikan dengan pengorbanan. Kemudian setelah merdeka kita mengisinya dengan berbagai hal, termasuk menimba ilmu di bangku sekolah. Dan jasa pahlawan yang bergerak di bidang pendidikan seperti Ki Hadjar Dewantara itu patut kita teladani karena jauh sebelum merdeka, beliau sudah malang melintang memperjuangkan hak - hak pendididikan yang kini dapat di nikmati oleh semua warga tanpa pandang kasta dan golongan. Saya sangat apresiasi sekali dengan kegiatan yang di lakukan oleh pihak SDN 06 Tapang Pulau ini," ucapnya.*

Penulis : Muhammad Sandi
Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini