|

Kontraktor Diminta Mampu Susun Administrasi Proyek Secara Mandiri

SEKADAU (Suara Sekadau) - Pemkab Sekadau melakukan penyerahan sertifikat keterampilan pelatihan tenaga terampil jasa konstruksi administrasi proyek angkatan I dan II, Selasa (11/6).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi mengatakan pelatihan tenaga administrasi proyek sangat penting untuk mendukung sumberdaya manusia pelaksana proyek pemerintah.

"Ini merupakan pembinaan bagi penyedia jasa konstruksi dalam meningkatkan kapasitas SDM," kata Akhmad.

Setidaknya ada 95 orang peserta yang telah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan dalam dua gelombang itu.

"Bahkan ada yang dari luar daerah," tutur Akhmad.

Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan setiap kegiatan harus memiliki standar, khususnya jasa konstruksi

"Untuk ikut lelang harus punya cukup SDM yang punya sertifikasi. Ini sangat penting. Supaya administrasi proyek lebih tertib," ucap Rupinus dalam sambutannya.

Menurut Rupinus, mayoritas penyedia jas kontruksi di Kabupaten Sekadau masih menggunakan jasa pihak luar dalam mengurus administrasi proyek.

"Mengaku saja. Sebagian besar masih nyuruh konsultan bikinnya.  Daripada ngupah orang, akan lebih baik kalau diurus sendiri," ujar Bupati.

Administrasi proyek memiliki peran yang besar dan saling berkaitan dengan  penyerapan anggaran. Sebab, jika administrasi belum lengkap maka dana tidak dapat dicairkan.

Pada tahun-tahun sebelumnya, cukup banyak dana proyek yang tidak terserap. Hal ini, kata Rupinus, karena laporan administrasi proyek menumpuk saat akhir tahun sementara pekerjaan fisik sudah selesai.

"Apalagi dana alokasi khusus (DAK). Itu dicairkan bertahap. Kalau tidak terserap ditarik kembali oleh pusat, tidak bisa masuk SILPA. Yang disalahkan kadisnya, BPKAD nya. Makanya kalau lelang jangan nembak banyak-banyak, uang muka dicairkan. Ada yang tidak mau mencairkan uang muka karena merasa punya modal," imbuh Rupinus.

Ia berharap, ke depan penyusunan administrasi proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau dapat lebih baik.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini