|

Lusa, Kontingen Sekadau Berangkat Napak Tilas Perjanjian Damai Tumbang Anoi

Losianus (kiri) bersama Ketua DAD Kabupaten Sekadau Welbertus Willy
SEKADAU (Suara Sekadau) - Kontingen Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sekadau siap mengikuti napak tilas 125 tahun perjanjian damai Tumbang Anoi yang akan diselenggarakan di Desa Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, 22-24 Juli 2019.

Koordinator kontingen Kabupaten Sekadau, Losianus mengatakan rombongan akan berangkat pada tanggal 19 Juli 2019.

Adapun beberapa agenda utama dalam kegiatan Napak Tilas perjanjian damai Tumbang Anoi diantaranya upacara adat Tiwah serta seminar internasional. Kegiatan berskala besar itu sekaligus mengenang perjanjian damai yang berisi beberapa kesepakatan penting, utamanya mengakhiri budaya Ngayau.

"Rombongan berangkat mengikuti rute darat, titik kumpul di jembatan Tayan tanggal 19 Juli jam 9 pagi. Kita juga membawa tenaga medis yang diperbantukan dari Dinas Kesehatan," kata Losianus, (17/7).

Malam ini, kontingen Kabupaten Sekadau akan melakukan rapat finalisasi persiapan mengikuti agenda bersejarah bagi masyarakat Dayak itu.

Beberapa hal juga akan disampaikan dalam seminar internasional tersebut.

"Diantaranya kita akan sampaikan bahwa Kabuoten Sekadau sudah miliki hutan adat dan perda perlindungan masyarakat adat," pungkas lelaki murah senyum itu.*

Penulis : Benidiktus G Putra


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini