|

Suksesi Pencegahan Stunting Perlu Dukungan Semua Pihak

Belitang (Suara Sekadau) - Stunting merupakan gangguan nutrisi yang berdampak kepada pertumbuhan manusia.

Tenaga ahli pelayanan sosial dasar Kabupaten Sekadau Gufri Mi'roj mengatakan, isu stunting saat ini mendapatkan perhatian serius dari pemerintah.

Hal ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak termasuk dukungan oleh pemerintah desa karena pencegahan dan penanganan stunting kini telah menjadi agenda nasional.

Demikian diungkapkan Gufri saat menjadi pemateri pada pelatihan pengembangan sumberdaya manusia di GPU Pemdes Belitang Dua, Kecamatan Belitang, Sabtu(27/7).

Pencegahan dan penanganan stunting, kata Gufri,  menuntut adanya konvergensi pengelolaan kegiatan, program dan layanan.

"Layanan masyarakat untuk pencegahan dan penanganan stunting perlu dipastikan terjadi di desa agar dapat diskses oleh masyarakat. Dengan kelompok sasaran ada pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK). 1000 HPK ini menjadi prioritas utama dalam pencegahan dan penanganan stunting," ungkapnya.

Ia menambahkan, kelompok prioritas ini perlu dipastikan dapat mengakses lima layanan utama penanganan stunting. Layanan ini meliputi kesehatan ibu dan anak, konseling gizi terpadu, sanitasi dan air bersih, jaminan sosial, dan pendidikan anak usia dini.

Peserta kegiatan pelatihan pengembangan sumber daya manusia ini diantaranya kader pembangunan manusia s -Kecamatan Belitang dan para perwakilan dari perangkat desa se - Kecamatan Belitang.*

Penulis : M. Sandi
Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini