-->
    |

Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Untan Ikuti Konferensei Sunway University Malaysia

SEKADAU (Suara Sekadau) - Sunway University Malaysia menggelar konferensi yang mengangkat tema “1st Business Asia @21 – Symposium, Innovation Sustainability Agility”, 23 Agustus 2019.

Pertemuan para citivas akademika mancanegara ini juga dalam rangka memperingati kerjasama yang ke-25 tahun antara Sunway University (Malaysia) dan Victoria University (Australia).

Event ini turut mengundang beberapa tokoh yaitu Puan Sri Datin Dr. Susan Cheah (Jeffrey Cheah Foundation), Andrew Goledzinowski (Australian High Commision Malaysia), Professor Mark Farrell (Dean of the Victoria University Business School), Professor Mahendhiran Mair (Vice President (R&D) Monash University) dan Professor Pervaiz K. Ahmed (Deputy Head of School (Research) Monash University).

Acara tersebut berhasil mengumpulkan kurang lebih 100 peserta yang berasal dari berbagai negara seperti, Malaysia, Australia, India dan Indonesia.

Penyelenggaraan pertemuan ilmiah  ini bertujuan untuk membahas pemahaman dan pencapaian masyarakat global yang inklusif (Inclusive Society) serta penerapan konsep keberlanjutan (Sustainability) dengan adaptasi inovasi di lingkungan bisnis.

Sebanyak 8 Mahasiswa Pascasarjana Program Magister Manajemen Universitas Tanjungpura (UNTAN) Angkatan XLI Reguler B Kelas A yaitu Benedictus William Janitra, Handi, Maria Angela Siokalang, Marsela Hernikola, Rianti Ardana Reswari, Taufik Pardita, Jusi Salmawati, dan Oktaviana turut mengambil peran sebagai speaker dengan memaparkan masing-masing karya ilmiah dibimbing oleh dosen Program MM UNTAN sesuai konsentrasi topik jurnal/artikel yang diarahkan oleh Dr. Nur Afifah., SE., M.Si.
Kunjungan ini adalah lawatan pertama kalinya mahasiswa pascasarjana Program MM UNTAN untuk pembicara yang mempresentasikan hasil penelitannya dan akan diusulkan untuk diterbitkan pada Jurnal Internasional Bereputasi.

Pada kesempatan tiap tahunnya mahasiswa pascasarjana Progran MM Untan adalah kunjungan dan forum diskusi untuk memenuhi syarat kelulusan yaitu Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dilaksanakan baik di dalam dan luar negeri.

Oleh karena itu, kegiatan tersebut dilepas secara resmi melalui briefing pendampingan kegiatan konferensi internasional yang dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura oleh Helma Malini, SE., MM., Ph.D dan Ilzar Daud, SE., M.Si., Ph.D pada Hari Kamis tanggal 22 Agustus 2019 sebelum keberangkatan.

Kedatangan peserta pada Hari Jum’at tanggal 23 Agustus 2019 di Sunway University yaitu mahasiswa pascasarjana Program MM UNTAN disambut dengan hangat oleh Dr. Benedict Valentine Arulanandam (Organizing Chairman – 1st Business Asia @ 21 Symposium).

Penyelenggaraan konferensi ilmiah internasional ini dibuka oleh Dr. Elizabeth Lee (Chief Executive Officer Sunway Education Group) pembicaraan tentang kesadaran masyarakat kepada lingkungan dan isu-isu global yang sedang berlangsung.

Acara ini terdiri dari diskusi, presentasi panel dan seminar umum yang berlangsung mulai pukul 08:30 hingga 17:30. Kemudian, Prof. Susela Devi K. Suppiah (Director – Centre for Accountability and Governance) memberikan kesempatan dan memperkenalkan mahasiswa pascasarja Program MM UNTAN kepada Ms. Greeja De Silva (Director, Victoria University Undergraduate Program) dalam rangka penyerahan cinderamata antara Sunway University dan Universitas Tanjungpura.

Adapun penyerahan cinderamata secara simbolis tersebut dilakukan karena hubungan kerjasama yang baik antara dua universitas tersebut yang diwakilkan oleh Rianti Ardana Reswari selaku mahasiswi pascasarjana Program MM UNTAN dan Ms. Greeja De Silva selaku penanggung jawab acara konferensi 1st Business Asia @ 21 Symposium.

Forum untuk presentasi pun telah disediakan. Mahasiswa pascasarjana Program MM UNTAN pun tidak cuma hadir tetapi turut mengambil peran sebagai menjadi pembicara karya ilmiahnya masing-masing.

Pemaparan presentasi dilakukan secara individual dan berlangsung sesi diskusi yang dipimpin oleh moderator dari Sunway University. Selanjutnya acara dilaksanakan dengan adanya penilaian untuk karya ilmiah (paper) terbaik sebagai closing acara konferensi tersebut.

Dengan berbagai macam topik-topik penelitian yang menarik dari berbagai negara, mahasiswa pascasarjana Program MM UNTAN yaitu Jusi Salmawati yang dibimbing oleh Dr. Nurul Komari, SE., MP dengan judul karya ilmiah “Effect of Job Pressure on Job Satisfaction and Employee Performance of Insurance Companies in Indonesia” telah diumumkan sebagai pemenang Best Paper di acara konferensi 1st Business Asia @ 21 Symposium.

Hal ini turut menambah deretan prestasi Program Magister Manajemen Universitas Tanjungpura (UNTAN) secara internasional, menambah lingkup kerjasama Konferensi Internasional dengan negara lain dan penampahan pengetahuan dan pengalaman akademik yang berharga untuk mahasiswa Program MM UNTAN Angkatan XLI.*

Sumber : press release
Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini