|

Lahan PT AAL di Sekadau Disegel

Penyegelan lahan konsesi PT AAL yang terbakar
SEKADAU (Suara Sekadau) - Lahan konsesi PT Agro Anugerah Lestari (AAL) di Desa Semabi, Kecamatan Sekadau Hilir disegel oleh Polres Sekadau, Kamis (19/9).

Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi memimpin langsung penyegelan tersebut.

Kapolres mengungkapkan, pihaknya bersama TNI, BPBD dan stakeholder lain melakukan pemeriksaan terhadap lahan yang terbakar di areal PT AAL.

“Pertama kami hitung kasar (luas lahan) sekitar 2,7 hektare. Namun, ternyata ada lokasi lagi yang belum kami hitung. Jadi, mungkin lebih dari 4 hektare lah,” ungkap Anggon.

Di lokasi lahan yang disegel, diambil sekitar 20 titik koordinat. Titik-titik tersebut nantinya akan menjadi acuan untuk menghitung luas lahan yang terbakar.

“Ini juga menentukan apakah setelah layout sama petanya konsesi perusahaan, apakah titik-titik (koordinat) tersebut masuk ke dalam wilayah hak guna usaha (HGU) perusahaan,” ucap Anggon.

Anggon mengatakan, kendati di lahan tersebut sebagian sudah ditugal masyarakat, tetap saja perusahaan tidak bisa melepaskan tangggungjawabnya. Anggon memastikan, pihaknya akan menindak tegas pihak perusahaan bila ditemukan unsur-unsur kelalaian.

“Nanti akan dilihat, apakah memenuhi unsur lalai sebagaimana pasal 99 Undang-Undang Lingkungan Hidup, atau tidak. Kalau memang masuk, akan kita proses. Kalau tidak tentu akan dipertimbangkan masalah izin konsesinya nanti sama Perda,” pungkasnya.*

Penulis : tim liputan
Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini