|

Puskesmas Belitang Sosialisasi Psikososial di Desa Belitang Satu

Suasana sosialisasi psikososial di desa Belitang Satu
Belitang (Suara Sekadau) - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat, Puskesmas Nanga Belitang melakukan sosialisasi psikososial kepada ibu-ibu PKK Desa Belitang Satu di Ruang Pertemuan Desa, (10/9).

Kabid program kesehatan Puskesmas Nanga Belitang, Sutiah, A.Md, Kep mengatakan keluarga adalah satuan terkecil yang paling berpengaruh terhadap pola mendidik dan berinteraksi dengan antar sesama anggota keluarga.

"Dalam satu keluarga sebaiknya dalam berinteraksi dan berkomunikasi mesti menjaga agar jangan sampai terjadi kekerasan baik kekerasan psikis maupun fisik," ujarnya.

Ia menjelaskan, sehat itu adalah suatu keadaan yang meliputi sehat fisik, sehat jiwa dan sehat sosial.

"Kepada ibu - ibu PKK diharapkan agar mampu secara sadar dan mandiri untuk dapat mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan lingkungan dengan menerapkan program gerakan masyarakat sehat," ujar Sutiah.

Plh. Kades Belitang Satu Muhammad Sandi mengatakan sosialisasi tersebut sangat penting terutama untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berperilaku hidup sehat.

"Kita sangat apresiasi sekali kepada pihak Puskesmas Nanga Belitang yang telah berupaya memberikan pelayanan kesehatan termasuk mensosialisasikan kegiatan promosi kesehatan dan penyuluhan gerakan masyarakat sehat. Memang ibu - ibu PKK menjadi ujung tombak dalam pembinaan keluarga menjadi suatu keharusan, karena ibu - ibu kesehariannya banyak di rumah. Jika warga sehat maka dalam beraktivitas sehari - hari akan lebih efektif dan tentu perekonomian keluarga menjadi stabil dan lancar," pungkasnya.*

Penulis : Tim Liputan
Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini