|

Syekh Anas Said Hadiri 1 Muharam di Menua Prama

Belitang (Suara Sekadau) - Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 H, warga muslim Desa Menua Prama bekerjasama dengan PHBI Kecamatan Belitang dan pengurus masjid Al Huda menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan momen tersebut.

Sejumlah lomba seperti pawai ta'aruf dan dakwah islam dilaksanakan dengan mengundang pembina majelis ta'lim Kalimantan Barat yaitu Syekh Anas Said Azzu'bi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Camat Belitang, Danramil Belitang, perwakilan Polsek Belitang, pengurus PHBI Kecamatan Belitang, pengurus PHBI Kabupaten Sekadau, BPD dan perangkat desa setempat.

Adapun tema kegiatan yaitu Dengan Hikmah Hijriah, Kita Bina Ukhuwah Islamiyah, Bashoriyah, dan Wathoniyah Dalam Bingkai NKRI.

Dalam Tausyiahnya, Syekh Anas Said Azzu'bi mengangkat contoh kisah Karun yang pelit.

"Kenapa Allah SWT melaknati Karun, jawabannya karena ia manusia yang kikir, pelit dan tidak pernah bersyukur atas karunia yang Allah berikan kepadanya, " ungkapnya di depan jamaah masjid dan tamu undangan.

Dijelaskan bahwa sikap Karun juga tidak peduli sesama serta tidak menjaga ukhuwah islamiyah, yang ia pedulikan hanyalah bagaimana supaya dapat untung yang berlipat ganda.

Oleh sebab itu Syekh Anas berpesan agar para jamaah dan tamu serta para undangan untuk saling memelihara dan menjalin tali persaudaraan antar sesama demi keutuhan NKRI.

Kegiatan pawai ta' aruf di ikuti oleh 9 kontingen yang berjumlah 1261 peserta.

Adapun 1 kontingen merupakan kontingen dari Desa Kumpang Ilong Kecamatan Belitang Hulu.

Juara 1 dari kontingen Sunan Kalijaga Sp 5 Menua Prama, juara 2 dari kontingen kafilah Sp1 Sunan Gunung Jati, juara 3 Kontingen kafilah Sunan Muria Sp 4 Setuntung. Juara 1 selain mendapatkan piala bergilir juga mendapatkan piala tetap serta uang pembinaan, dan untuk yang lain mendapatkan piala tetap dan uang pembinaan.

Ketua panitia H. Boger  mengatakan bahwa untuk tahun 2020 kegiatan akan di pusatkan di masjid Raudhatul Jannah Sp 1 Belitang.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan kegiatan tersebut dan seluruh kafilah yang telah mengikuti kegiatan pawai ta'aruf.

"Bagi yang menang di kegiatan lomba pawai ta' aruf, kami ucapkan selamat dan bagi yang kalah jangan berkecil hati, masih ada kesempatan di tahun depan," pungkasnya. *

Penulis : M . Sandi
Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini