|

ICDN Fokus pada Penelitian dan Penguatan SDM Dayak

Pengukuhan pengurus ICDN Kabupaten Sekadau
SEKADAU (Suara Sekadau) -Pengurus Nasional Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional (ICDN) menggelar sosialisasi program kerja kepada pengurus ICDN Sekadau dan Sintang di Gedung Kateketik Sekadau, Minggu (27/10).

Dalam kegiatan disampaikan program kerja ICDN, diantaranya penguatan pemimpin daerah yang visioner terkiat kesiapan dan mempersiapkan SDM handal diberbagai bidang, penguatan posisi tawar dalam bidang politik (bukan politik praktis), meneliti dan membuat database SDM Dayak diberbagai profesi dan bidang, penguatan dan etika penggunaan media sosial atau sistem  teknologi informasi yang menciptakan SDM cerdas dan kreatif dalam bingkai NKRI.

Pemateri kegiatan dari pengurus Dewan Pimpinan Nasional ICDN Nasional, Drs. Masri Sareb Putra, MA.

Ia menyampaikan salah satu program kerja penting dalam ICDN adalah melakukan penelitian dan publikasi hasil penelitian kedayakan yang berkaitan dengan adat istiadat, hukum adat, kearifan lokal, SDA, SDM, seni budaya, sastra dan sebagianya. Maka dari itu diharapkan para pengurus akan lebih memahami tujuan ICDN yang sesungguhnya.

"Paling penting para pengurus bisa memahami program kerja dan tujuan dari ICDN itu sendiri serta perlu disampaikan bahwa organisasi ini mempunyai kode etik karena jangan sampai dibawa kedalan arus politik praktis," ujar Masri.

ICDN merupakan rumah besar bersama insan Dayak yang berpikir Nasional dan sistematis dan tentu aktif dalam membangun bangsa.

"Konsep Dayak itu Bangkit, Maju dan Indonesia. Kenapa demikian karena ICDN merupakan inisiator dan motor dari kolaborasi pemikiran, sikap dan tindakan dari semua aspek pembangunan demi keberlangsungan Dayak yang unggul dan berdaya saing," ujar Masri Sareb.

Dalam sosialisasi lebih dipaparkan tentang pengenalan ICDN dan program kerja ICDN kepada para peserta yang meliputi para pengurus Sekadau dan dari Sintang.

Kegiatan tersebut sekaligus diisi dengan pengukuhan Pengurus ICDN Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Sintang.*

Sumber : Suara Kalbar
Editor : Benidiktus G Putra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini