|

PDIP Nilai Penetapan AKD DPRD Sekadau Terlalu Dini

Ari Kurniawan Wiro
SEKADAU (Suara Sekadau) - Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Sekadau menjelaskan alasan mereka tidak mengikuti paripurna alat kelengkapan DPRD Sekadau yang digelar Selasa (22/10) kemarin.

Wakil ketua fraksi PDIP, Ari Kurniawan Wiro mengatakan penetapan alat kelengkapan DPRD (AKD) Sekadau terlalu dini.

Alat kelengkapan DPRD sendiri diantaranya berupa komisi-komisi, badan kehormatan, badan anggaran, badan musyawarah, Bapemperda, dan lainnya.

Ia menjelaskan, hal tersebut tidak sejalan dengan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD. Menurutnya, penetapan AKD haruslah berpedoman pada peraturan terbaru yang berlaku.

"Berdasarkan PP 12 tahun 2018, pasal 32 menyatakan pimpinan alat kelengkapan DPRD tidak boleh merangkap sebagai pimpinan pada AKD lainnya. Sementara yang terjadi, ada unsur pimpinan AKD yang rangkap jabatan. Contohnya unsur pimpinan di komisi yang juga menjabat unsur pimpinan di Bapemperda," kata Ari Kurniawan Wiro, (23/10).

Selain itu, lanjut Ari, pimpinan sementara DPRD Sekadau juga disinyalir telah bertindak diluar koridor kewenangannya.

Lebih jauh ia menyatakan, berdasarkan pasal 34 ayat (3) PP nomor 12 tahun 2018, tugas pimpinan sementara DPRD yakni memimpin rapat, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan tatib dan memproses pimpinan definitif.

"Namun, pimpinan sementara saat ini sudah memparipurnakan AKD. Hal ini tidak sesuai aturan. Karena, penetapan AKD merupakan kewenangan pimpinan definitif, bukan pimpinan sementara. Padahal pimpinan definitif DPRD Sekadau belum disahkan," ucap Ari.

Sementara itu wakil ketua sementara DPRD Sekadau, Handi menjelaskan terdapat kekeliruan pemahaman dari beberapa fraksi DPRD Sekadau.

Ia menegaskan, alat kelengkapan DPRD saat ini belum sampai pada tahap penetapan.

"Perlu kita pahami, AKD yang sudah terbentuk sekarang belum lah ditetapkan. Penetapan akan dilakukan nanti oleh pimpinan definitif. Jadi yang sekarang itu adalah rumusan AKD. Prosesnya pun sudah kita jalankan sebagaimana mestinya," jelas Handi.*

Penulis : Benidiktus G Putra






Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini