|

Antisipasi Corona, Begini Langkah Dinkes Sekadau

Ilustrasi virus corona
SEKADAU (Suara Sekadau) - Wabah penyakit Corona yang sudah terjadi di beberapa negara membuat masyarakat khawatir. Sebab, penyakit tersebut dikenal sangat ganas.

Masyarakat Kabupaten Sekadau diharapkan tetap waspada dan tidak terlalu khawatir.

"Kita sudah berkoordinasi dan rakor dengan provinsi. Untuk wilayah timur Kalbar yang meliputi Kabupaten Sanggau , Sekadau, Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu sudah ditetapkan RSUD Sintang sebagai rujukan dan tempat perawatan kalau ada pasien sucpect," ungkap Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sekadau, Henry Alpius (27/1).

Henry mengatakan, pihaknya juga sudah menyampaikan ke puskesmas-puskesmas dan rumah sakit untuk antisipasi terutama masyarakat yang baru kembali dari luar negeri.

"Di pintu-pintu masuk bandara dan border sekarang sudah terpasang alat thermoscan terutama di Entikong. Karena di Malaysia sudah terjadi kasus Corona," terang Henry.

Ia menambahkan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah menerbitkan imbauan resmi terkait Corona.

Beberapa poin utama imbauan IDI diantaranya sebagai berikut :

1. Masyarakat jangan panik.

2. Tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam dan batuk disertai sulit bernafas, disarankan segera ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan.

3. Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir setiap hendak memegang mulut, hidung, mata. Atau menggunakan alkohol.

4. Mengurangi kontak dengan orang yang infeksi saluran nafas. Menghindari menyentuh hewan liar. Dianjurkan agar menggunakan masker saat bepergian.

Penulis : Benidiktus G Putra





Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini