-->
    |

Lahan HTI Ditelantarkan, Komisi II Konsultasi ke Kementerian LHK

Komisi II DPRD Sekadau saat konsultasi ke Kementerian LHK
SEKADAU (Suara Sekadau) - Komisi II DPRD Sekadau melakukan konsultasi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanna (LHK) terkait penelantaran hutan tanaman industri di wilayah Kabupaten Sekadau.

Konsultasi dilakukan pada tanggal 16 Januari kemarin.

Ketua komisi II, Yodi Setiawan mengatakan konsultasi dilakukan untuk meminta kementerian LHK mengambil langkah terkait penelantaran lahan oleh perusahaan pengelola HTI.

"Kami meminta agar kementerian LHK memanggil PT Finantara sebagai pengelola HTI di wilayah Kabupaten Sekadau untuk mempertanggungjawabkan penelantaran lahan tersebut," kata Yodi (18/1) malam.

Yodi menuturkan, lahan HTI yang ditanami pohon Albasia oleh PT Finantara di wilayah Belitang Hilir dan Sekadau Hilir hingga kini tidak jelas pengelolaannya. Sebab, selama beberapa tahun PT Finantara terkesan vakum.

"Kita tidak tahu apakah tanaman pernah dipanen atau tidak," tutur Yodi.

Ia menambahkan, penelantaran lahan tidak sesuai dengan perjanjian dengan masyarakat pada saat pembebasan lahan.

"Dimana perjanjian akan memberi lapangan kerja bagi masyarakat, membuka dan merawat infrastruktur. Ini tidak pernah ditepati," ujar politisi Gerindra.

Yodi juga meminta Pemkab Sekadau ikut aktif dalam memikirkan kondisi tersebut.

"Kita harapkan pihak eksekutif ikut berkoordinasi dengan perusahaan tersebut. Karena ini merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui kami, jadi harus ditindaklanjuti," pungkasnya.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini