|

Sosialisasi Sensus Penduduk di Kecamatan Belitang

Sosialisasi sensus penduduk 2020 di Kecamatan Belitang
Belitang (Suara Sekadau) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sekadau mengadakan rapat koordinasi sensus penduduk tahun 2020 di Kecamatan Belitanh pihak Kecamatan Belitang, Kamis (27/2).

Rakor tersebut melibatkan Camat Belitanh, Koramil, Polsek Belitang dan Kepala Desa di Kecamatan Belitang.

Dalam sambutannya Kasi Statistik Sosial BPS Kabupaten Sekadau Rusli Salam menyatakan bahwa sebelum mengadakan sensus, pihaknya menyosialisasi kegiatan Sensus Penduduk Tahun 2020 ini di setiap kecamatan.

"Untuk Kabupaten Sekadau, kecamatan Belitang adalah tempat terakhir kami mengadakannya sekaligus kita adakan rapat koordinasi dengan pihak kecamatan, pihak danramil, pihak kepolisian dan pihak desa serta perangkat desa setempat," ujarnya.

Ia menambahkan, sensus online berbasis android ini dilakukan setiap 10 tahun sekali  berdasarkan aturan yang ada.

"Sensus ini dilaksanakan dua tahap, tahap pertama secara online dilakukan oleh warga setempat dibantu oleh pihak pemerintah desa dimulai pada tanggal 15 Februari hingga tanggal 31 Maret tahun 2020. Tahap kedua dimulai tanggal 01 - 31 Juli 2020 dan pada saat itu ada petugas kami yang akan mewawancara warga secara langsung. Warga perlu mempersiapkan Kartu Keluarga, dokumen pernikahan, dokumen perceraian, dokumen kematian dan dokumen yang berhubungan dengan keperluan kependudukan lainnya yang bersangkutan. Untuk sensus online silakan  membuka laman situs website kami dialamat sensus.bps.go.id," jelas Rusli.

Camat Belitang diwakili oleh plt. Sekcam, Supiadi mengatakan bahwa pihak desa terutama Kepala Desa beserta perangkat desa, Kepala Dusun dan RT hendaknya mendukung kegiatan ini karena sensus penduduk tahun 2020 ini gunanya adalah antara lain untuk perencanaan pembangunan.

Selain itu, pihak Danramil bersama pihak kepolisian juga di harapkan dapat membantu program nasional ini.

"Dari pendataan ini kelak akan diketahui jumlah penduduk di satu wilayah, oleh karena itu diharapkan keterlibatan semua pihak di pandang perlu," tutur Supiadi.*

Penulis : M. Sandi
Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini